NEWSTICKER
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

Kepulauan Seribu Jadi Tempat Observasi Korona Jilid II

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 24 Februari 2020 15:06
Jakarta: Pemerintah menyiapkan Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, sebagai lokasi observasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kapal World Dream. 188 WNI itu harus diobservasi karena operasional kapal dihentikan akibat wabah virus Covid-19.
 
"Ada pulau yang tidak berpenghuni di Sebaru 1," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 24 Februari 2020.
 
Muhadjir mengeklaim Pulau Sebaru aman untuk observasi selama dua pekan. Kendati tak berpenghuni, pemerintah menjamin seluruh fasilitas baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita tinggal pakai saja," tutur dia.
 
Muhadjir menuturkan para WNI ini akan dibawa dengan Kapal Rumah Sakit dr. Suharso. Kapal telah berlayar menuju Hong Kong, Jumat, 20 Februari 2020.
 
(Baca juga:Pemerintah Tak Memaksa 74 ABK WNI Pulang)
 
Kapal juga akan menjemput 78 WNI di Kapal Diamond Princess di Yokohama, Jepang. Pemerintah Indonesia masih bernegosiasi dengan pemerintah Jepang untuk membawa mereka menggunakan kapal.
 
"Bagaiamana supaya warga negara di sana bisa ditangani," tutur Muhadjir.
 
Sebanyak 188 awak Indonesia yang bekerja di kapal pesiar World Dream dipulangkan. Ini menyusul dihentikannya sementara pengoperasian kapal jenis cruise ini akibat wabah Covid-19.
 
"Kami lepas jangkar di perairan internasional di dekat Kepulauan Bintan untuk memindahkan para awak ke kapal TNI AL," kata President of Dream Cruises Michael Goh.
 
Dream Cruises telah mengambil keputusan menghentikan sementara kegiatan operasional kapal pesiar World Dream dari Hong Kong sejak 9 Februari 2020.
 
(Baca juga:Pemulangan ABK WNI Via Laut Dinilai Lebih Tepat)
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif