Indeks Demokrasi Indonesia Meningkat

Fachri Audhia Hafiez 25 Oktober 2018 18:06 WIB
4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK
Indeks Demokrasi Indonesia Meningkat
Menko Polhukam Wiranto/Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jakarta: Indeks demokrasi meningkat pada empat tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebut indeks demokrasi 2017 meningkat 2,02 persen ketimbang 2016.

"Itu menunjukkan bahwa demokrasi di Indonesia dapat dijamin berkembang dan terjaga dengan baik," tegas Wiranto di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 25 Oktober 2018.

Baca: Ini Pembangunan Infrastruktur di 4 Tahun Jokowi


Sejak reformasi, demokrasi terus dikembangkan demi menampung aspirasi masyarakat. Dalam perjalanannya, ada fluktuasi indeks demokrasi di Indonesia.

"Ada panas, dingin, hangat, tapi tidak pernah sampai mendidih," kata Wiranto.

Baca: 4 Tahun Jokowi, Pertumbuhan Ekspor Meningkat

Penurunan indeks demokrasi sempat terjadi pada 2015-2016 karena penambahan indikator. Namun, pemerintah telah meluncurkan sejumlah program agar indeks yang kian baik ini tetap terjaga.

"Ada kegiatan yang tidak bisa langsung dinetralisasi dan menggerus sedikit nilai indeks demokrasi. Tapi kali ini pemerintah telah memberi isyarat tegas, di antaranya agar PNS tidak memakai fasilitas pemerintah untuk kampanye dan soal netralitas pun digembar-gemborkan terus," beber Wiranto.





(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id