Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Medcom.id/Fachri Audia Hafiez
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Medcom.id/Fachri Audia Hafiez

Pelayanan Pengobatan Penyakit Non Covid-19 Harus Terjamin

Nasional fasilitas kesehatan Virus Korona
Anggi Tondi Martaon • 13 Mei 2020 19:27
Jakarta: Pelayanan pengobatan non covid-19 harus tetap maksimal. Penderita autoimun, kanker, dan sejumlah penyakit lainnya disebut mengalami kendala dalam berobat selama pandemi covid-19.
 
"Ketersediaan dan akses untuk berobat bagi penderita penyakit autoimun dan kanker misalnya kerap kali terganggu saat ini," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat di Jakarta, Rabu, 13 Mei 2020.
 
Politikus Partai NasDem itu menyebut setidaknya ada beberapa kendala penanganan penyakit non covid-19. Di antaranya keterbatasan jumlah dokter spesialis akibat jam praktik yang dikurangi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Akibatnya, penderita penyakit non covid-19 lainnya juga terkendala untuk berobat," ungkap dia.
 
Kendala lainnya yaitu keterbatasan sejumlah obat yang dibutuhkan penderita seperti chloroquin, hydroxychloroquin, dan vitamin D3. Obat tersebut digunakan untuk pengobatan penderita covid-19.
 
"Saya berharap sejumlah obat itu ketersediaannya cukup dan harganya tidak melambung tinggi, karena permintaannya meningkat setelah dipakai untuk pengobatan covid-19," ujar dia.
 
Baca: Fasilitas Kesehatan Harus Antisipasi Potensi Lonjakan Pasien Covid-19
 
Rerie sapaan akrab Lestari, mengatakan wabah covid-19 juga mengganggu jadwal pemberian vaksinasi pencegahan kanker serviks bagi pelajar di sejumlah kota. Pemerintah segera melakukan evaluasi untuk menata kembali program vaksinasi HPV tersebut.
 
Pemerintah diminta memastikan penanganan penyakit mematikan lainnya tertangani dengan baik. Sebab, bisa mengancam jiwa penderita. "Bila proses pengobatan sejumlah penyakit itu terganggu, saya khawatir malah menambah tingkat kematian di masa pandemi covid-19," ujar dia.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif