Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Mensos: Negara Tak Perlu Masuk Ranah Privat

Nasional RUU Ketahanan Keluarga
Yogi Bayu Aji • 20 Februari 2020 20:56
Jakarta: Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara merespons negatif Rancangan Undang-Undang (RUU) Ketahanan Keluarga usulan DPR. Isu keluarga dianggap menjadi urusan masing-masing individu.
 
"Negara tidak perlu masuk ke ranah privat," kata Ari, sapaan Juliari, di Kompleks Media Group, Jalan Pilar Mas Raya, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis, 20 Februari 2020.
 
Politikus PDI Perjuangan itu enggan Indonesia menjadi negara yang terlalu dipenuhi aturan. Dia menekankan salah satu ciri negara maju yakni memiliki fleksibilitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebaiknya kita jangan jadi negara yang overregulated juga ya, semua hal diregulasikan," ungkap dia.
 
Menurut dia, dengan semakin sejahtera, peradaban masyarakat akan semakin baik. Publik bakal mampu mengatur dirinya dan keluarga masing-masing. Dengan begitu, ranah privat tak perlu diatur-atur negara.
 
Mensos: Negara Tak Perlu Masuk Ranah Privat
Menteri Sosial Juliari Peter Batubara berkunjung ke Media Group, Kedoya Selatan, Jakbar, Kamis, 20 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Yogi Bayu Aji
 
Ari mengaku hingga saat ini belum ada komunikasi dengan DPR terkait RUU Ketahanan Keluarga. Dia memastikan akan menampung segala masukan soal draf aturan ini.
 
RUU Ketahanan Keluarga diusulkan lima anggota Dewan. Mereka yakni Ledia Hanifa dan Netty Prasetiyani dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sodik Mudjahid dari Fraksi Partai Gerindra, Ali Taher dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), dan Endang Maria dari Fraksi Partai Golkar.
 
Keberadaan RUU ini mengundang kontroversi. Pasalnya, RUU mengatur penanganan krisis keluarga akibat perilaku seks menyimpang, pelarangan donor sperma, hingga peran perempuan dalam keluarga.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif