Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Istimewa
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Istimewa

Jokowi Instruksikan Menkes Konsultasi dengan WHO Soal Akhir Pandemi

Andhika Prasetyo • 03 Oktober 2022 13:20
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berkonsultasi dengan Ogranisasi Kesehatan Dunia (WHO). Konsultasi terkait akhir pandemi covid-19. 
 
"Pak Presiden meminta saya untuk berkonsultasi dengan WHO. Kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari prokes, khusus mengenai pandemi karena ini sifatnya dunia, nanti WHO yang akan memberikan timing-nya," ujar Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022.
 
Menurut dia, pemerintah telah mempersiapkan sejumlah kebijakan menyambut endemi. Namun, aturan pelonggaran protokol kesehatan itu tak dapat diimplementasikan jika WHO tak setuju.
 

Baca: Sinyal Jokowi Menuju Endemi: Sebentar Lagi Umumkan Pandemi Berakhir


Salah satu aturan itu, lanjut dia, adalah penggunaan masker. Keputusan untuk mencabut kewajiban memakai masker harus menunggu arahan dari Kepala Negara yang didasarkan pada data dan fakta di lapangan, terutama dari WHO.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lepas masker itu nanti tergantung Bapak Presiden," kata Menkes.
 
Jokowi memberi isyarat berakhirnya pandemi covid-19. Menurut dia, kasus covid-19 melandai dan menunjukkan konsistensi penurunan.
 
"Mungkin sebentar lagi kita akan nyatakan pandemi sudah berakhir," ujar Jokowi.
 
Dalam beberapa pekan terakhir, kasus covid-19 di Tanah Air menurun. Pemerintah mencatat, per 2 Oktober, pasien aktif hanya 17.434 jiwa. Sejak akhir Agustus 2022, rata-rata tambahan kasus harian tidak lebih dari 2 ribu. Bed Occupancy Ratio (BOR) juga tercatat 4,8 persen.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif