Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi Beberkan 3 Langkah Memerangi Kejahatan Ekonomi

Nasional Jokowi terorisme pencucian uang PPATK kementerian lembaga transformasi digital
Achmad Zulfikar Fazli • 18 April 2022 10:55
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai perang terhadap kejahatan ekonomi semakin masif, rumit, dan kompleks. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) harus bisa mengantisipasi permasalahan itu dengan melakukan berbagai terobosan-terobosan.
 
"Pertama, kita perlu terus-menerus melakukan terobosan, secepatnya melakukan transformasi digital yang mengadopsi regulatory technology, menemukan terobosan hukum atas berbagai permasalahan yang fundamental," ujar Jokowi dalam Peringatan 20 Tahun Gerakan APU PPT, di Istana Negara, Jakarta, Senin, 18 April 2022.
 
Kedua, PPATK perlu mengembangkan layanan digital dan platform-platform pelayanan baru. Kemudian, PPATK perlu menyempurnakan layanan digital yang sudah dimiliki, mengembangkan pusat layanan digital yang lengkap terintegrasi dan real time.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(PPATK harus) mampu melayani para pemangku kepentingan dengan cepat, mudah, dan akurat," ucap dia.
 
Baca: Jokowi: Kementerian dan Lembaga Harus Bersinergi Memberantas TPPU
 
Ketiga, seluruh kementerian dan lembaga, termasuk PPATK harus jeli dan mampu bergerak cepat. PPATK harus memiliki kemampuan dan perangkat untuk menangani modus baru tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme yang telah melewati batas batas negara dan menjadi kejahatan internasional.
 
"Lakukan antisipasi sedini mungkin di tiap tingkatan yang mampu menggagu integritas dan stabilitas sistem perekonomian dan sistem keuangan kita. Dan, mengantisipasi peningkatan kejahatan ekonomi, seperti cyber crime dan kejahatan lain yang memanfaatan kecanggihan teknologi," tegas dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif