Ilustrasi. Medcom.id/Aria Triyudha
Ilustrasi. Medcom.id/Aria Triyudha

Pemda Diminta Gencarkan Kerja Sama Tingkatkan Pelayanan Publik

Antara • 20 Mei 2022 04:00
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pemerintah daerah (pemda) membangun kerja sama dengan mitra di dalam maupun luar negeri untuk memperkuat pelayanan. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro saat memberikan pengarahan pada acara Diseminasi Praktik Cerdas Hasil Kerja Sama Mitra di Dalam dan Luar Negeri dalam Kerja Sama Fair 2022 secara hibrida di Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis, 19 Mei 2022.
 
Beberapa praktik kerja sama di dalam negeri, misalnya, antar pemda yang satu dengan daerah lainnya. Selain itu, kerja sama dengan mitra luar negeri seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya dengan Jepang terkait penanganan sampah.
 
"Contoh praktik lainnya, yakni kerja sama antara DKI Jakarta dengan Berlin, hingga kerja sama Kota Semarang dengan Korea Selatan dalam pembuatan trotoar/jalur bagi difabel," ujarnya dilansir Antara, Jumat, 20 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kemendagri Berupaya Tingkatkan Kapasitas Kepala Satpol PP
 
Suhajar menjelaskan sebagaimana dalam penelitian Mark Turner dan David Hulme (1997), negara yang mengalami pertumbuhan pesat dan berkelanjutan, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Korea Selatan memiliki organisasi sektor publik yang efektif. Negara-negara tersebut mampu mentransformasi organisasi pemerintahannya menjadi organisasi yang berorientasi pelayanan.
 
Pelayanan yang dimaksud, termasuk di antaranya pelayanan kemudahan berusaha, pelayanan bagi balita, dan pelayanan bagi para difabel. "Pelayanan merupakan dasar untuk melahirkan keadilan serta menjadi salah satu fungsi pemerintahan, selain melaksanakan pembangunan, pemberdayaan, dan pengaturan," ungkap dia.
 

 
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif