Presiden Joko Widodo menghadiri KTT Khusus ASEAN-AS yang digelar di Departemen Luar Negeri AS, Washington DC, Jumat, 13 Mei 2022 waktu setempat. Foto: BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo menghadiri KTT Khusus ASEAN-AS yang digelar di Departemen Luar Negeri AS, Washington DC, Jumat, 13 Mei 2022 waktu setempat. Foto: BPMI Setpres

Jokowi Berharap Partisipasi AS di Indo-Pacific Forum 2023

Nasional Amerika Serikat asean presiden joko widodo Amerika Serikat - Indonesia
Antara • 14 Mei 2022 14:27
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan partisipasi Amerika Serikat dalam Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum saat Indonesia menjadi Ketua ASEAN pada 2023. Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat mendampingi Presiden Jokowi di KTT Khusus ASEAN-AS di Washington DC.
 
"Tahun depan, saat Indonesia menjadi Ketua di ASEAN, Indonesia berencana melakukan Indo-Pacific Infrastructure Forum dan beliau (Presiden Jokowi) berharap partisipasi Amerika Serikat di dalam forum tersebut," kata Retno dilansir Antara, Sabtu, 14 Mei 2022.
 
Baca: Jokowi: Hentikan Perang Ukraina Sekarang Juga!

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indonesia merupakan koordinator kerja sama ASEAN-AS di periode saat ini. Jokowi menjadi salah satu pembicara pertama yang diminta oleh tuan rumah, Presiden AS Joe Biden, untuk menyampaikan pandangannya dalam KTT Khusus ASEAN-AS.
 
Jokowi menyampaikan beberapa pandangan, antara lain terkait keprihatinan terhadap perang yang terjadi di Ukraina saat pandemi covid-19 belum sepenuhnya usai. "Beliau juga menyayangkan, saat dunia membutuhkan kolaborasi, yang terjadi justru rivalitas dan konfrontasi. Multilateralisme bukan semakin kokoh, sebaliknya unilateralisme yang semakin mengemuka," kata Retno menyampaikan pandangan Jokowi.
 
Jokowi menekankan pelajaran yang harus dipetik oleh berbagai pihak, yaitu perang tidak akan menguntungkan siapa pun. "Setiap negara, setiap pemimpin, memiliki tanggung jawab untuk menciptakan enabling environment agar perang dapat dihentikan dan perdamaian dapat terwujud," paparnya.
 
Jokowi juga menyampaikan ASEAN akan terus membangun arsitektur keamanan yang inklusif, mengedepankan paradigma kolaborasi, mendorong kebiasaan berdialog, dan rules based order.
 
 
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif