Ketua MPR Zulkifli Hasan (tengah) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. (Foto: ANTARA/rivan Awal Lingga)
Ketua MPR Zulkifli Hasan (tengah) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. (Foto: ANTARA/rivan Awal Lingga)

Ketua MPR Ajak Masyarakat Menerima Hasil Pemilu

Nasional Sidang Tahunan MPR 2019
Whisnu Mardiansyah • 16 Agustus 2019 09:59
Jakarta: Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan membuka pidato Sidang Tahunan MPR 2019. Mengawali pidatonya, Zulhas mengajak seluruh elemen masyarakat kembali bersatu menerima hasil Pemilu 2019.
 
"Melalui sidang terhormat ini, MPR mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama menerima hasil Pemilihan Umum 2019 secara ikhlas," kata Zulhas dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Zulhas melanjutkan pemilu legislatif dan pemilu presiden hanya kompetisi sesaat negara demokrasi. Siapapun pemenangnya, merupakan kemenangan milik semua elemen bangsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena pilihan politik boleh beda, tetapi merah putih kita sama, dan tetap akan sama untuk selamanya. Mari kita rajut kembali merah putih," kata Zulhas.
 
Pada kesempatan yang sama, Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu turut mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024. Ia pun menjunjung tinggi sikap kenegarawanan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang berjiwa besar menerima kekalahan.
 
"Mengucapkan terima kasih atas sikap kenegarawanan yang telah bapak tunjukkan selama ini," ucapnya.
 
Baca juga:Presiden Jokowi Minta Perda Berbelit Dipangkas
 
Zulhas berpesan seluruh elemen bangsa khususnya elite memberikan pendidikan politik dengan menjunjung tinggi etika dan menunjukkan sikap kenegarawanan. Mengutamakan persatuan di atas kepentingan pribadi, kelompok, dan golongan.
 
Ia mengapresiasi penyelenggaran pemilu. Serta turut berduka atas wafatnya para petugas penyelenggara pemilu, pengawas pemilu maupun aparat keamanan sebagai pahlawan demokrasi Indonesia
 
"Alhamdulillah, Pemilu Serentak 2019 yang untuk pertama kalinya dilaksanakan, akhirnya dapat kita lalui bersama. Suksesnya penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 merupakan bukti bahwa bangsa Indonesia telah semakin dewasa dalam berdemokrasi," ucap Zulhas.
 
Dalam sidang tahunan, Presiden Joko Widodo akan membacakan pidato kenegaraan menjelang Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sidang dihadiri seluruh anggota MPR yang terdiri dari DPR dan DPD.
 
Selanjutnya, Presiden akan berpidato menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2020, dengan nota keuangan dan dokumen pendukungnya. Pidato disampaikan sebagai pembuka rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2019-2020.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif