Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

NasDem Ogah Ikut Campur Soal Pengganti Ari Ashkara

Nasional Garuda Indonesia harley-davidson
Candra Yuri Nuralam • 07 Desember 2019 08:38
Palangkaraya: Partai NasDem tak mau mencampuri urusan posisi Direktur Utama PT Garuda Indonesia. Sebelumnya, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dicopot dari jabatan direktur utama karena tersangkut kasus penyelundupan Harley-Davidson.
 
"Saya pikir itu hak menteri BUMN, dia punya kapasitas memilih siapa yang pas. Dia lebih tahu tentang kebutuhan koorporasi hari ini," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali di Hotel Bahalap, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sabtu, 7 Desember 2019.
 
Ali menilai Erick lebih paham untuk memilih pengganti Ari Ashkara. Erick dinilai bijak dalam memilih anak buahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun dia berharap pengganti Ari Ashkara merupakan orang yang bersih dari kesalahan yang serupa. Hal itu dilakukan agar Garuda tetap baik ke depannya.
 
"Kita berharap orang-orang baik seperti ibu Susi diberikan kesempatan ditempat yang pas," ujar Ali.
 
Dia juga meminta Erick melihat rekam jejak pengganti Ari Ashkara sebelum disahkan. Dia harap Erick bisa mencari orang yang pas.
 
"Orang baik belum tentu dia pas ada disitu, itulah keberadaan menteri BUMN, harus bisa mencari orang baik ditempat yang pas," tandasnya.
 
Erick sebelumnya mencopot Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. Pencopotan dilakukan usai terungkap kasus penyelundupan motor Harley-Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus A330900 NEO.
 
Erick mengatakan pencopotan itu dilakukan usai mendapatkan kesaksian baru yang berasal dari dokumen komite audit dan komisaris. Dokumen menguatkan bukti bahwa motor Harley-Davidson tersebut adalah milik direktur utama Garuda Indonesia.
 
"Dengan itu saya sebagai Kementerian BUMN akan memberhentikan Dirut Garuda," kata Erick Thohir di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.
 
Erick menjelaskan Ashkara secara sistematis melakukan penyelundupan. la menginstruksikan seseorang untuk mencari motor Harley-Davidson klasik pada 2018 lalu.
 
Saat motor sudah didapat, pembayaran lantas dilakukan melalui transfer banking ke Finance Manager Garuda Indonesia di Amsterdam pada April 2019.
 
Untuk menggantikan posisi Ari, Kementetian BUMN menunjuk Fuad Rizal akan menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. Dalam hal ini, Kementerian BUMN kompak dengan Kementerian Perhubungan untuk merekomendasikan nama Direktur Keuangan Garuda Indonesia sebagai Plt Dirut.
 

 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif