Ketua DPP PAN Yandri Susanto. Foto: Medcom.id
Ketua DPP PAN Yandri Susanto. Foto: Medcom.id

PAN Dapat Jatah Pimpin Komisi Agama

Nasional Pelantikan Anggota DPR
Arga sumantri • 29 Oktober 2019 14:26
Jakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) mendapat satu kursi ketua Komisi VIII yang membidangi agama dan sosial. Partai juga mendapat kursi wakil ketua komisi III, wakil ketua komisi VII, wakil ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), dan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).
 
"Nah nama-namanya insyaallah sudah siap. Nanti akan disampaikan di Paripurna," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Yandri mengatakan keputusan nama-nama legislator PAN yang bakal duduk di kursi pimpinan AKD baru rampung dibahas Senin malam, 28 Oktober 2019. Penunjukan nama-nama itu hasil konsultasi dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hari ini diserahkan. Tadi malam difinalisasi. Saya enggak berhak mengumumkan," ucap Yandri.
 
Yandri menambahkan keputusan pembagian AKD berdasarkan hasil musyawarah mufakat di badan musyawarah (bamus). Ia tak sependapat bila rumusan pembagian AKD disebut sesuai asas proporsionalitas.
 
"Karena Gerindra enggak ada di ketua komisi. Itu hasil rembuk yang cukup intens sesama ketua fraksi dan di mediasi oleh pimpinan DPR. Jadi semuanya menerima," ungkap dia.
 
Yandri mengkritisi pembagian AKD. Menurut dia, Gerindra mestinya sama dengan Golkar mendapat jatah tiga kursi ketua komisi. Sebab, Gerindra partai tiga besar pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.
 
"Tapi itu hasil kesepakatan, sekali lagi, rumusnya enggak ada yang pasti. Tetapi rumusnya adalah musyawarah mufakat," ujar dia.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif