Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Pimpinan DPR Bakal Bahas AKD dengan Presiden

Nasional Pelantikan Anggota DPR
Whisnu Mardiansyah • 21 Oktober 2019 15:29
Jakarta: Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bakal bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka sore nanti. Pertemuan membahas komposisi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang sudah disepakati pimpinan fraksi di Parlemen.
 
"Agenda rapat konsultasi hari ini, tapi ada kemungkinan konsultasi dilakukan berkaitan dengan telah ditetapkannya komisi-komisi dan AKD," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 21 Agustus 2019.
 
Pertemuan juga akan mengonsultasikan sinkronisasi komisi-komisi dengan mitra kerja di pemerintahan. Dasco belum memastikan sinkronisasi diikuti revisi UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ya kita lihat nanti peraturannya seperti apa, kalau cuma cukup sinkronisasi cukup di komisi-komisi atau pembagian di fraksi," terang Dasco.
 
Dasco menambahkan penetapan AKD menunggu pengumuman kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Setelah itu, penetapan AKD diputuskan dalam rapat paripurna.
 
"Susunan kabinet saya dengar tinggal beberapa hari lagi. Kita punya beberapa hari melakukan paripurna penetapan komisi dan AKD," jelas Dasco.
 
Rapat Konsultasi pengganti Rapat Badan Musyawarah selesai membahas AKD. Rapat memutuskan komposisi 11 komisi dan enam badan.
 
Ketua DPR Puan Maharani mengatakan tiap komisi terdiri dari satu ketua dan empat wakil. Total, 17 ketua komisi dan badan serta 66 wakil ketua komisi dan badan.
 
"Ini awal yang baik bagi DPR periode ini karena tidak sampai tiga pekan AKD sudah terbentuk. Ini tentu kemajuan mengingat periode sebelumnya AKD baru terbentuk setelah 6 bulan pelantikan," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Oktober 2019.
 
Politikus PDI Perjuangan ini meminta anggota DPR segera bekerja menyerap aspirasi rakyat. Berikut pembagian AKD:
 
1. Fraksi PDI Perjuangan mendapat slot ketua komisi III, IV, V dan Ketua Banggar. PDI Perjuangan juga mendapat jatah 11 wakil.
2. Fraksi Partai Golkar mendapat kursi ketua komisi I, II, XI serta 10 wakil ketua.
3. Fraksi Partai Gerindra kebagian ketua Baleg, ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) dan sembilan wakil ketua.
4. Fraksi Partai NasDem mendapat jatah ketua komisi VII, IX, dan delapan wakil ketua.
5. Fraksi PKB mendapat kursi ketua komisi VI, X, dan tujuh wakil ketua.
6. Fraksi Partai Demokrat kebagian ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN), dan empat wakil ketua.
7. Fraksi PKS diberikan kursi ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dan enam wakil ketua komisi.
8. Fraksi PAN mendapat kursi ketua komisi VIII dan lima wakil ketua komisi.
9. Fraksi PPP mendapat 4 wakil ketua komisi.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif