Ilustrasi KTP elektronik (KTP-el). Medcom.id
Ilustrasi KTP elektronik (KTP-el). Medcom.id

16 Juta Blangko KTP-el Disiapkan Jelang Pilkada

Nasional pelayanan e-ktp Pemilu Serentak 2020
Theofilus Ifan Sucipto • 12 Maret 2020 13:48
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencetak 16 juta blangko KTP elektronik (KTP-el) untuk didistribusikan ke seluruh Indonesia. 8 juta di antaranya telah disebar. 
 
“Kita persiapan penuh untuk pilkada,” kata Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Zudan Arief Fakhrulloh kepada Medcom.id, Kamis 12 Maret 2020.
 
Jumlah itu dinilai cukup untuk kebutuhan Pemilu 2020. Dia memprediksi seluruh persediaan blangko akan habis sekitar Juni atau Juli mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemendagri telah meminta tambahan anggaran pada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk pengadaan blangko berikutnya. Kemenkeu, kata Zudan, menyetujui permintaan itu meski nilainya masih dibahas.
 
“Ibu Menteri (Menteri Keuangan Sri Mulyani) berkomitmen sebagaimana disampaikan Mendagri Tito Karnavian diberi tambahan keuangan,” tuturnya.
 
Baca: KTP-el Wajib di Pilkada Demi Halau Mobilisasi Penduduk
 
Kemendagri rutin jemput bola ke masyarakat untuk merekam data kependudukan. Hal itu untuk memastikan hak pilih masyarakat terjaga melalui KTP-el. Pasalnya, pemilih wajib menggunakan KTP-el sebagai salah satu syarat berpartisipasi dalam pesta demokrasi.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif