Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Istimewa.
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Istimewa.

Pidato di Sidang Tahunan, Bamsoet Sentil Capres-Cawapres Lewat Pantun

Fachri Audhia Hafiez • 16 Agustus 2022 11:32
Jakarta: Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyentil para calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) lewat pantun di penghujung pidatonya. Pidato itu terkait Sidang Tahunan MPR dalam Rangka Laporan Kinerja Lembaga-lembaga Negara Tahun 2022.
 
"Kupu-kupu terbang bersama kumbang, hinggap di dahan pohonnya palsu. Para capres-cawapres tak perlu bimbang. Ingat pesan Presiden: ojo kesusu (jangan terburu-buru)," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Ojo kesusu berkaitan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rakernas V Pro Jokowi (Projo) di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, 21 Mei 2022. Jokowi berpesan ke para relawan Projo untuk tidak terburu-buru bicara soal calon presiden pada Pemilu 2024.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bamsoet juga bicara koalisi partai politik (parpol) lewat pantun. Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu meminta pemilu tak membuat publik terbelah.
 
"Burung merpati terbang di atas sawah, purnama datang dari negeri sebelah. Koalisi masih bisa berubah, pemilu jangan sampai membuat kita terbelah," ujar Bamsoet.
 

Baca: Koalisi Parpol Dinilai Bakal Dinamis Saat Penentuan Capres-Cawapres


Pidato tersebut disampaikan di hadapan Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden keenam Indonesia Try Sutrisno, Wakil Presiden kesembilan Indonesia Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-11 Boediono.
 
Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPD juga dihadiri sejumlah pimpinan lembaga negara. Para pimpinan partai politik juga ikut menghadiri agenda rutin tersebut.
 
(JMS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif