Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Bidang Industri dan Keuangan (Korinbang) Rachmat Gobel/Dok DPR
Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Bidang Industri dan Keuangan (Korinbang) Rachmat Gobel/Dok DPR

Gobel Ajak Qatar Investasi Pertanian di Indonesia

Nasional pertanian investasi Qatar indonesia-qatar DPR RI Rachmat Gobel
M Sholahadhin Azhar • 12 Mei 2022 06:01
Doha: Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Rachmat Gobel, mengajak Qatar berinvestasi di bidang pertanian dan pangan di Indonesia. Investasi di bidang tersebut penting merespons perubahan iklim, pandemi, dan persaingan global.
 
"Sektor pertanian dan pangan pada umumnya akan menjadi hal strategis. Kami mengundang Qatar untuk investasi di Indonesia," kata Gobel melalui keterangan tertulis, Rabu, 11 Mei 2022.
 
Hal itu ia sampaikan saat berdialog dengan Wakil Ketua DPR Qatar, Hamda binti Hassan Al Sulaiti. Gobel mengatakan investasi di bidang pertanian dan pangan memberikan dampak luas bagi masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Gobel Dorong Indonesia-Iran Bentuk Komite Kerja Sama Teknologi Nano
 
"Karena akan menyerap tenaga kerja yang besar dan menyejahterakan masyarakat. Bagi Indonesia hal ini juga penting dalam mengurangi kemiskinan," kata dia.
 
Gobel menyebut penyediaan pangan bagi dunia merupakan misi kemanusiaan yang sangat penting dalam membangun perdamaian dunia. Presiden Joko Widodo memiliki program pertanian dan pangan melalui pembangunan food estate di sejumlah wilayah.
 
Selain itu, katanya, pemerintah Jokowi juga memiliki program membangun ekonomi dari pinggiran, alias dari desa. Investasi di bidang pertanian, katanya, juga sangat tepat setelah dunia dilanda pandemi.
 
"Ini akan jadi momentum kebangkitan," ujar Gobel.
 
Selain pertanian, dia mendorong Qatar berinvestasi di bidang pariwisata. Sektor tersebut terbukti melibatkan banyak tenaga kerja dan menggerakkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
 
Wakil Ketua DPR Qatar, Hamda binti Hassan Al Sulaiti, mengatakan Qatar telah berinvestasi di bidang telekomunikasi dan pariwisata Indonesia. Menurut dia, investasi di bidang pertanian bakal dipertimbangkan karena Indonesia memiliki tanah yang luas serta lahan yang subur.
 
Di sisi lain, Hamda menyampaikan aspirasi masyarakat Qatar yang menginginkan kemudahan untuk datang ke Indonesia. “Ini akan menyukseskan pariwisata Indonesia. Akhir-akhir ini Indonesia menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Qatar. Tapi masyarakat Qatar mengeluhkan antre saat di bandara,” kata Hamda.
 
Selain itu, Hamda menyampaikan agar Indonesia bisa membantu perdamaian di Afghanistan sehingga warga Afghanistan yang mengungsi di banyak negara bisa pulang kembali ke negaranya. Qatar, kata Hamda, juga meminta dukungan Indonesia untuk kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia 2022 yang diadakan di Qatar.

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif