Ilustrasi. Medcom.
Ilustrasi. Medcom.

RUU Ciptaker Dinilai Solusi Pemulihan Ekonomi Pascakorona Berakhir

Nasional Virus Korona Omnibus Law virus corona
Whisnu Mardiansyah • 31 Maret 2020 21:51
Jakarta: Kondisi ekonomi nasional secara langsung turut berimbas karena merebaknya pandemi covid-19. Tugas besar pemerintah memulihkan kembali kondisi ekonomi pasca pandemi ini berakhir.
 
Sekretaris Jenderal Mejelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila Arif Rahman menilai Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker) bisa menjadi solusi pemulihan ekonomi. Indonesia membutuhkan investasi besar-besaran imbas lesunya ekonomi di tengah korona.
 
"Nantinya (RUU Ciptaker) akan menjadi salah satu faktor yang akan membuat ekonomi Indonesia bergerak. Karena ke depan pascavirus korona, negara membutuhkan investasi untuk menggenjot pembangunan ekonomi," kata Arif di Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


RUU Ciptaker juga dinilai memberikan rasa keadilan kepada pelaku usaha dan pekerja. Iklim ekonomi bisa tumbuh kembali dengan masuknya investasi, dan sektor tenaga kerja kembali terserap.
 
"Jadi sama-sama terjadi harmonisasi yang saling menguntungkan, sehingga tatanan ekonomi menjadi lebih baik. Simbiosis mutualisme antara pengusaha dan tenaga kerja menjadi prioritas utama," ujarnya.
 
Baca: RUU Ciptaker Dinilai Akomodasi Kepentingan Investor dan Pekerja
 
Menurut Arif, eksekutif dan legislatif harus bisa mengakomodasi seluruh kepentingan pengusaha dan pekerja. Dia berharap RUU ini segera disahkan sehingga langsung bisa diimplementasikan pascapandemi covid-19 berakhir.
 
"Kita dan harus diakui bahwa kita sangat lemah dalam penanganannya. Oleh karena itu wabah korona ini harus menjadi evaluasi yang sangat mendalam bagi pemerintah dan DPR," jelasnya.
 
Arif menambahkan pro dan kontra dalam pembahasan RUU Ciptaker merupakan hal yang biasa.
 
"Pro dan kontra biasa dalam setiap usulan RUU tapi yang lebih penting bahwa RUU Ciptaker muncul harus menganut kepada sila kelima utamanya, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia," katanya.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif