Ilustrasi. MI/Susanto
Ilustrasi. MI/Susanto

7 Tuntutan Demo Mahasiswa 21 April

Nasional unjuk rasa demokrasi Demokrasi Indonesia Demonstrasi Mahasiswa Demonstrasi
Selamat Saragih • 21 April 2022 18:00
Jakarta: Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Kerakyatan menggelar unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta, hari ini. Ada tujuh tuntutan yang disampaikan mahasiswa.
 
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) Bayu Satria mengatakan tuntutan pertama yaitu meminta Presiden Joko Widodo menindak tegas para penjahat konstitusi dan tolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden.
 
"(Kedua) turunkan harga kebutuhan pokok dan atasi ketimpangan ekonomi," ujar Bayu, Kamis, 21 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 9.915 Personel Gabungan Dikerahkan Kawal Demo Mahasiswa
 
Ketiga, menindak tegas segala tindakan represif terhadap masyarakat sipil dengan mekanisme yang ketat dan tidak diskriminatif. Tuntutan keempat, mewujudkan pendidikan ilmiah, gratis, dan demokratis.
 
Kelima, mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) yang pro rakyat dan menolak RUU pro oligarki. Keenam, mewujudkan reforma agraria sejati. Terakhir, menuntaskan seluruh pelanggaran hak asasi manusia (HAM).
 
Imbas unjuk rasa yang dilakukan, polisi menutup jalan Medan Merdeka Barat yang menuju Istana Merdeka, begitu pula arah sebaliknya. Polisi melakukan pengamanan dengan menempatkan kawat berduri dan sejumlah petugas kepolisian yang menjaga demonstrasi itu.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif