Ilustrasi pemilu/Medcom.id.
Ilustrasi pemilu/Medcom.id.

Pemilu 2024, Parpol Disebut Cari Sosok Bermodal Sosial Tinggi

Nasional pemilu parpol partai politik Pilpres Erick Thohir Pemilu 2024 Pilpres 2024
Media Indonesia.com • 29 April 2022 18:28
Jakarta: Partai politik (Parpol) disebut mencari sosok dengan modal sosial yang tinggi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Parpol dan sosok tersebut saling membutuhkan mendongkrak elektabilitas.
 
"Social capital (modal sosial) yang tinggi ini dicari parpol. Parpol juga butuh tokoh nasional yang sudah terkenal yang memiliki peluang mendongkrak elektabilitas parpol," kata Pengamat Politik Universitas Brawijaya, Anang Sujoko, dikutip dari Media Indonesia, Jumat, 29 April 2022.
 
Anang mencontohkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang memiliki modal sosial tinggi. Kinerja Erick memimpin Kementerian BUMN membuatnya dilirik masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Sukseskan Perhelatan Pemilu, Jokowi Minta Dukungan Anggaran
 
"Banyak gebrakan yang dilakukan Erick di BUMN, contohnya melakukan restrukturisasi dan pembenahan menyeluruh di Kementerian BUMN maupun di perusahaan BUMN," kata Anang.
 
Anang menilai Erick mesti mempertahankan prestasinya agar dilirik parpol. Figur yang memiliki popularitas tinggi tentu menguntungkan partai untuk meningkatkan elektabilitas.
 
Di sisi lain, dia menyoroti elektabilitas Erick di survei Indikator. Elektabilitas Erick meningkat 100 dalam waktu satu bulan dari 1,2 persen menjadi 2,4 persen, setara dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.
 
"Meningkatnya elektabilitas Erick tak lepas dari kiprahnya sebagai Menteri BUMN," kata Anang.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif