Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya/Istimewa.
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya/Istimewa.

Pemulangan WNI dari Malaysia Diminta Sesuai Skema Wuhan

Nasional Partai NasDem Virus Korona malaysia indonesia-malaysia wni covid-19 pandemi covid-19 Satu Tahun Covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 07 Juni 2021 23:00
Jakarta: Skema pemulangan warga negara Indonesia (WNI) dari Malaysia diminta sesuai prosedur tetap (protap) seperti mahasiswa RI dari Wuhan, Tiongkok. Skema pemulangan mahasiswa dengan protokol kesehatan tergolong ketat itu dilakukan saat awal pandemi covid-19.
 
"Seperti mahasiswa dari Wuhan dulu, mereka yang dipulangkan harus langsung di karantina selama dua minggu," kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya melalui keterangan tertulis, Senin, 7 Juni 2021.
 
Baca: Angka Infeksi Harian Covid-19 di Malaysia Tunjukkan Tren Penurunan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Willy, pemerintah siap melaksanakan skema pemulangan WNI dengan protokol kesehatan ketat. Namun, penerapan itu harus konsisten.
 
"Sekarang tinggal eksekusinya saja yang benar-benar dilaksanakan sesuai dengan protap yang kita miliki," ucap Willy.
 
Willy menuturkan kewajiban pemerintah memastikan keamanan warga negaranya ketika kembali ke Tanah Air. Khususnya, agar terhindar dari infeksi covid-19.
 
"Aman bagi WNI yang dipulangkan, dan aman bagi kita yang tinggal di Tanah Air. Jangan sampai kepulangan mereka seperti menambah jumlah virus," tegas Willy.
 
Anggota Komisi I DPR itu mengatakan pemerintah Indonesia juga berkewajiban mencegah dampak psikologis yang ditimbulkan. Situasi masyarakat ketika menerima WNI kembali ke kampung halamannya mesti dijaga.
 
"Seperti awal-awal dulu, banyak warga yang menolak keras kepulangan mahasiswa kita dari Wuhan. Padahal pada kenyataannya ya biasa-biasa saja," ucap Willy.
 
Kebijakan lockdown yang diterapkan oleh Pemerintah Malaysia akibat melonjaknya kasus covid-19 berdampak terhadap WNI. Malaysia berencana akan memulangkan ribuan WNI.
 
Sekitar 7.200 WNI berada dalam detensi imigrasi Malaysia dan menunggu kepulangan ke Tanah Air. Kementerian Luar Negeri Indonesia menyiapkan rencana memastikan langkah perlindungan bagi WNI yang berada di Malaysia.

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif