Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/Antara/Prasetya Utomo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/Antara/Prasetya Utomo

Komisi I Tak Akan Memanggil Paksa Menhan Prabowo

Nasional alutsista tni tni Prabowo Subianto kendaraan militer DPR RI Kementerian Pertahanan
Anggi Tondi Martaon • 02 Juni 2021 08:39
Jakarta: Komisi I tak akan memanggil paksa Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Isu pemanggilan paksa muncul setelah Ketua Umum (Ketum) Gerindra itu tidak hadir pada rapat kerja (raker) yang dilaksanakan pada Senin, 31 Mei 2021.
 
"Tidak pernah ada wacana Komisi I akan memanggil paksa Menteri Pertahanan seperti apa yang disampaikan dalam wacana Pak Efendi Simbolon (anggota Komisi I) kemarin," kata anggota Komisi I Sugiono saat dihubungi, Rabu, 2 Juni 2021.
 
Ketua Kelompok Fraksi Gerindra di Komisi I itu menyebutkan dinamika agenda masing-masing pihak cukup tinggi. Baik itu DPR maupun Menhan Prabowo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyampaikan kepadatan agenda DPR terlihat dari agenda paripurna pada Senin, 31 Mei 2021. Undangan rapat disampaikan pada Minggu, 30 Mei 2021.
 
"Jadi ya kita saling menyesuaikan. Kebetulan Pak Menhan juga ada rapat terbatas di siang harinya. Jadi harus diwakili," kata dia.
 
Namun, dia memastikan Prabowo bakal hadir pada raker bersama Komisi I selanjutnya. Raker rencananya dilakukan pada 2 Juni 2021.
 
Baca: Prabowo Subianto Diminta Menjelaskan Rancangan Alpalhankam
 
Dia menegaskan kemitraan Komisi I dengan mitra kerjanya cukup harmonis. Jika pun ada kritik yang disampaikan sejumlah anggota hanya sebatas pendapat pribadi, bukan Komisi I secara keseluruhan.
 
"Tidak ada itu paksa memaksa. Pandangan Pak Effendi saya kira tidak mewakili pandangan Komisi I pada umumnya," ujar dia.
 
Sebelumnya, Anggota Komisi I Effendi Simbolon kesal Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tak menghadiri rapat kerja. Keduanya tengah menghadiri rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
"Saya heran juga alasan rapat terbatas lah. Memangnya presiden (Jokowi) tidak bisa dibilangin, 'Pak izin, kami ada rapat di DPR, Pak'," ujar Effendi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 31 Mei 2021.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif