juru bicara Presiden Fadjroel Rachman. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
juru bicara Presiden Fadjroel Rachman. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

Penutupan Akses dari dan ke Tiongkok Dianggap Wajar

Nasional Virus Korona evakuasi wni
Nur Azizah • 05 Februari 2020 14:55
Jakarta: Indonesia menghentikan penerbangan dari dan ke Tiongkok mulai hari ini, Rabu, 5 Februari 2020. Pemerintah Tiongkok menilai tindakan Indonesia berlebihan. Juru bicara Presiden Fadjroel Rachman merespons hal itu.
 
"Tidak (berlebihan), karena tindakan pemerintah Indonesia juga dilakukan pemerintah lain di dunia. Hingga nanti saatnya akan dicabut oleh WHO," kata Fadjroel di Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.
 
Indonesia tak hanya menutup akses penerbangan dari dan ke Tiongkok. Pemerintah juga melarang jual beli satwa hidup dari dan ke Tiongkok. Ini untuk mengantisipasi merebaknya virus korona ke Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pelarangan terhadap jenis komoditas tertentu hanya untuk hewan hidup. Tidak disebutkan untuk yang lain," kata Fadjroel.
 
Penutupan Akses dari dan ke Tiongkok Dianggap Wajar
WNI yang dipulangkan dari Wuhan, Tiongkok. Foto: Dok, Kemenlu
 
Terkait jual beli komoditas, sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia belum menghentikan impor bawang putih dari Tiongkok. Pasalnya, komoditas pangan belum terkonfirmasi sebagai medium penularan virus korona.
 
"Yang bilang setop siapa? Penularan virus itu dari manusia bukan dari barang," kata Airlangga ditemui di di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.
 
Menurutnya, virus korona tak bisa ditularkan lewat benda mati seperti bawang. Sebab, kasus penularan virus corona 2019 nCoV tercatat masih dari manusia ke manusia.
 
"Bawang bukan virus," ungkap dia.
 
Ketua Umum Golkar itu belum mengkaji lebih jauh dampak penyebaran korona terhadap perekonomian Indonesia. Saat ini 26 negara tercatat sudah terjangkit wabah yang berasal dari Wuhan, Tiongkok tersebut.
 

 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif