Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay (kanan) - MI/M Irfan.
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay (kanan) - MI/M Irfan.

Saleh Daulay Sarankan PAN Tetap Oposisi

Nasional kabinet jokowi partai amanat nasional
Whisnu Mardiansyah • 05 Juli 2019 17:50
Jakarta: Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay meminta partainya mempertimbangkan permintaan senior partai Amien Rais. Amien meminta PAN tak tergoda iming-iming kursi di kabinet.
 
"Nasihat Pak Amien perlu diperhatikan dipertimbangkan oleh seluruh kader PAN yang ada. Sebagai pendiri partai dan tokoh senior di partai ini nanti suara Pak Amien akan menjadi referensi untuk kita bagaimana menentukan langkah partai ke depan," kata Saleh di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Juli 2019.
 
Permintaan Amien Rais agar PAN tetap berada di oposisi kata Saleh akan dibahas dalam rapat-rapat formal partai. Keputusan final ditetapkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang direncanakan berlangsung bulan depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalaupun ada pendapat yang berbeda dengan Pak Amien itu bagian dari demokrasi yang ada. Nanti diusahakan yang disampaikan di forum dan Pak Amien sangat demokratis," jelas Saleh.
 
(Baca juga:PAN Pasrah Tak Dapat Kursi Pimpinan MPR)
 
Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais kembali melontarkan pernyataan keras agar partainya tak tergoda iming-iming kursi di kabinet. PAN tidak boleh melupakan koalisi yang sedari awal mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Meski, secara resmi badan pemenangan nasional (BPN) Prabowo-Sandi sudah dibubarkan.
 
“Akhir-akhir ini banyak kontroversi apakah PAN sebaiknya bergabung dengan Pak Jokowi atau di luar. Nah, dengarkanlah nasihat saya, jangan kita rabun ayam!,” ujar Amien dalam video yang diunggah di sosial media Instagram miliknya @amienraisofficial, Jumat, 5 Juli 2019.
 
Di video tersebut, Amien mengingatkan pemilih dan simpatisan tidak tergiur hanya iming-iming kursi menteri.
 
“Hanya karena satu kursi kemudian kita bergabung? kemudian bagaimana pendapat opini yang hampir sekian, hampir 10 juta pemilih kita itu? Tolong ya, teman-teman DPP jangan mengumbar semau-maunya, pemilih ini adalah grassroot dari ranting, cabang,” ucap Amien.
 
“Tidak boleh dikesampingkan semacam itu, jadi saudara-saudaraku mari kita berpikir, nanti kita bicarakan secara ksatria, secara apa adanya,” imbuh dia.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif