Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

1.391 Bencana Terjadi Sepanjang 2022

Nasional banjir tanah longsor cuaca ekstrem bencana alam BNPB Mitigasi Bencana
Kautsar Widya Prabowo • 29 April 2022 05:12
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencanan (BNPB) mencatat terdapat 1.391 bencana alam di Indonesia sepanjang 2022. Dari data itu, bencana banjir paling banyak terjadi.
 
"Bencana banjir ada 541 kali, kemudian tanah longsor 256 kali, dan cuaca ekstrem yang juga hampir sama dengan banjir sebanyak 508 kali," ujar Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 28 April 2022.
 
Tak hanya itu, bencana alam itu bahkan banyak berdampak kepada masyarakat. Seperti timbulnya korban jiwa sebanyak 84 orang dan 1.811.788 orang terpaksa mengungsi dari tempat tinggalnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, potensi bencana alam yang perlu diwaspadai adalah banjir. BNPB telah memetakan wilayah yang akan terkena dampak bencana tersebut.
 
"Daerah-daerah yang terkena banjir, yaitu tertera memang masih didominasi di Jawa, kalau kita lihat di Jawa yang warnanya kuning-kuuning itu ada merah di Sumatra sebagian kemudian Kalimantan sebagaian," ucap dia.
 
Baca: Aktivitas Gunung Anak Krakatau Terus Dipantau
 
Kendati demikian, terjadi penurunan angka kejadian bencana alam dibandingkan April 2021. Pada waktu tersebut tercatat terjadi 354 bencana dan pada April 2022 telah terjadi 234 bencana.
 
"Artinya, program mitigasi dan peningkatan kesadaran kepada masyarakat dalam rangka menghadapi setiap bencana yang kemungkinan akan terjadi di kehidupan secara bertahap bisa menjadi lebih baik," ucap dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif