Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

6.394 Aparat Gabungan Siap Jaga Demo Buruh

Nasional Demo Buruh unjuk rasa polri buruh Upah protokol kesehatan
Siti Yona Hukmana • 01 Mei 2021 01:49
Jakarta: Polda Metro Jaya menerima pemberitahuan aksi pada Hari Buruh Internasional, Sabtu, 1 Mei 2021. Ribuan aparat gabungan siap mengamankan demo buruh itu.
 
"Sebanyak 6.394 personel, kemungkinan masih akan bertambah lagi yang akan kita turunkan, gabungan TNI, Polri, dan pemerintah daerah (pemda)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 30 April 2021.
 
Yusri mengatakan ribuan personel gabungan itu akan mengamankan seluruh titik yang menggelar aksi buruh. Dia mengaku mendapat pemberitahuan unjuk rasa dilakukan di beberapa lokasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Yusri, para buruh akan melakukan unjuk rasa dari pagi hingga sore. Mereka terpusat di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Mahkamah Konstitusi (MK), dan kantor ILO, Jakarta Pusat.
 
"Kami sudah sampaikan imbauan seperti patuhi protokol kesehatan ada aturan perundang-undangan, kami akan tegas melakukan penindakan apabila melanggar protokol kesehatan," kata Yusri.
 
Baca: Satgas Covid-19 Pesan Hal ini pada Demo Buruh Besok
 
Yusri mengatakan pihak organisasi buruh seperti Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengajukan permintaan pelayanan rapid test antigen bagi peserta demo. Polda Metro Jaya memenuhi permintaan tersebut.
 
Polda Metro Jaya akan membentuk tim kesehatan untuk melayani para buruh. Pelayanan rapid test antigen akan dilakukan di titik kumpul para buruh sebelum melakukan demo.
 
Yusri berharap semua peserta unjuk rasa menjalani rapid test antigen. Peserta yang negatif covid-19 diperbolehkan ikut demo, sedangkan yang positif akan dirujuk ke rumah sakit darurat covid-19.
 
"Kalau perlu kami kawal, kami siapkan tim pengawalan dengan mematuhi protokol kesehatan," ujar Yusri.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif