Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Satgas Covid-19 Pesan Hal ini pada Demo Buruh Besok

Nasional Demo Buruh buruh Upah virus corona covid-19 pandemi covid-19 protokol kesehatan Satgas Covid-19 UU Cipta Kerja
Sri Yanti Nainggolan • 30 April 2021 16:32
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta para pedemo di Hari Buruh 2021 besok menaati protokol kesehatan. Pasalnya, unjuk rasa cenderung memicu kerumunan yang dapat meningkatkan risiko penularan covid-19
 
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan bahwa anggota kepolisian akan disiagakan. "Penting diketahui, segala bentuk kegiatan yang melanggar PPKM Mikro akan ditindak pihak kepolisian sesuai undang-undang yang berlaku," tegas Wiku dalam keterangan resmi, Jumat, 30 April 2021. 
 
Wiku menambahkan, antipasi dilakukan di kota-kota besar maupun daerah. Terutama di tempat berkumpul para buruh saat menyampaikan aspirasinya dan rumah sakit daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya meminta siapa pun yang ingin melakukan aktivitas Hari Buruh Internasional, agar betul-betul mempertimbangkan berbagai konsekuensi yang terjadi, seperti potensi penularan covid-19 yang dapat terjadi," ucap Wiku.
 
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) berencana melakukan aksi turun ke jalan pada peringatan Hari Buruh, 1 Mei, besok. Dalam aksinya, 50 ribu buruh bakal menyuarakan agar upah minimum kabupaten/kota (UMK) diberlakukan tanpa syarat dan upah minimum sektoral kabupaten/kota (UMSK) tidak dihilangkan.
 
Selain itu, kaum buruh juga akan menyinggung soal kenaikan upah minimum harus berdasarkan inflasi plus pertumbuhan ekonomi, dan setiap lima tahun sekali kebutuhan hidup layak (KHL) ditinjau ulang.
 
"Upah minimum di Indonesia paling tinggi di ASEAN adalah tidak benar karena UMK di Indonesia diatur secara regional. Setiap kota/kabupaten beda UMK-nya. Terbesar (Jabodetabek) di kisaran Rp4,2 juta per bulan. Tapi, UMK di Pangandaran, Ciamis, dan Kuningan berkisar Rp1,8 juta per bulan," kata Presiden KSPI Said Iqbal, dalam keterangan tertulis, Jumat, 30 April 2021.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif