Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Medcom.id/Fachri Audia Hafiez
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Medcom.id/Fachri Audia Hafiez

Koordinasi Penanganan Covid-19 Antardaerah Diminta Lebih Gencar

Nasional Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 07 Juli 2020 21:32
Jakarta: Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta koordinasi antardaerah terkait penanganan virus korona (covid-19) lebih serius. Terutama penerapan protokol kesehatan.
 
"Di saat sebaran covid-19 di sejumlah negara masuk gelombang kedua dan di Tanah Air pertambahan positif korona terus meningkat, kesamaan langkah penanganan dan koordinasi antardaerah sangat diperlukan," kata Rerie dalam keterangan tertulis, Selasa, 7 Juli 2020.
 
Rerie menilai kerap terjadi kesalahan berulang dalam pelaksanaan kegiatan di sejumlah daerah. Politikus NasDem itu mencontohkan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta yang memicu kerumunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal itu terjadi juga pada HBKB di Bekasi, Jawa Barat. Dia juga menyoroti pergeseran episentrum penyebaran covid-19 dari DKI Jakarta ke Surabaya, Jawa Timur.
 
Baca: Pola Pengendalian Covid-19 Perlu Segera Dievaluasi
 
Bukan tak mungkin, terbentuk episentrum baru di daerah lain. Namun hal itu bisa dihindari bila suatu daerah belajar dari daerah episentrum.
 
"Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya seharusnya bisa belajar dari DKI Jakarta yang punya pengalaman menjadi episentrum penyebaran covid-19 dan Gugus Tugas tingkat nasional serta daerah bisa mengkoordinasikan langkah itu," kata dia.
 
Rerie mengatakan data hasil pemeriksaan secara nasional dan daerah yang diumumkan setiap hari seharusnya bisa menjadi alarm pemerintah untuk mengambil langkah yang tepat di sejumlah daerah dalam mengatasi penyebaran covid-19. Pemerintah seharusnya menerapkan kebijakan antisipatif, bukan kebijakan yang reaktif untuk mencegah penyebaran korona lebih luas.
 

(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif