Sampah di pintu air Manggarai, Jakarta Pusat sudah tak menumpuk, Kamis, 10 Oktober 2019. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Sampah di pintu air Manggarai, Jakarta Pusat sudah tak menumpuk, Kamis, 10 Oktober 2019. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

3900 Ton Sampah Diangkut dari Pintu Air Manggarai

Nasional sampah jakarta banjir jakarta
Sri Yanti Nainggolan • 10 Oktober 2019 12:25
Jakarta: Tumpukan sampah di pintu air Manggarai, Jakarta Pusat tak terlihat lagi. Petugas telah mengangkut sampah-sampah itu yang jumlahnya mencapai 3900 ton.
 
"Kita kerahkan 40 truk bolak-balik," kata Kasatbag UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Rohmat pada Medcom.id, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Hujan yang mengguyur Bogor dan Jakarta pada Selasa malam, 8 Oktober membuat pintu air dipenuhi sampah. Sampah didominasi potongan bambu, batang pohon besar, hingga barang-barang rumah tangga seperti kasur dan TV.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


3900 Ton Sampah Diangkut dari Pintu Air Manggarai
Petugas masih membersihkan sisa-sisa sampah di pintu air Manggarai, Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan.
 
Rohmat mengungkapkan jumlah sampah yang diangkut mencapai 3.900 ton. Sampah-sampah itu berasal dari Bendung Katulampa.
 
Namun, tak menutup kemungkinan sampah sepanjang Sungai Ciliwung ikut terbawa arus air yang deras. "Sampah sepanjang Sungai Ciliwung sudah banyak, terus nyangkut kemarin ketika hujan. Volume debit air meningkat, (sampah) kegerus, kedorong. Sampailah ke pintu Manggarai ini," papar dia.
 
Pantauan Medcom.id, tumpukan sampah di pintu air Manggarai tak setinggi pada Rabu, 9 Oktober 2019. Petugas masih terus membersihkan sisa-sisa sampah.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif