Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng K.H. Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah. Foto: Antara/Syaiful Arif
Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng K.H. Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah. Foto: Antara/Syaiful Arif

Sikap Menghargai Perbedaan Gus Sholah Patut Diteladani

Nasional obituari
Antara • 03 Februari 2020 04:26
Jakarta: Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Salahuddin Wahid (Gus Sholah) dinilai patut menjadi teladan bagi semua pihak. Khususnya, sikap menghargai perbedaan Gus Sholah.
 
"Beliau dikenal sangat menghargai dan menghormati perbedaan, sama seperti kakak kandungnya, Gus Dur," kata Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dilansir Antara, Senin, 3 Februari 2020.
 
Gus Sholah menjunjung tinggi perbedaan karena setiap orang memiliki pandangan yang tidak sama. Namun, tetap sesuai koridor sehingga menjadikan seseorang lebih bijak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beliau juga tidak memaksakan pendapat yang sama. Cara menyelesaikan perbedaan juga tidak saling menghujat. Ini yang harus diteladani," ucap dia.
 
Mantan Wagub Jatim itu mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya dan mendoakan almarhum Gus Sholah diterima di sisi Allah SWT, serta keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran.
 
"Saya sangat sering komunikasi dengan putra Gus Sholah, Ipang Wahid, termasuk menanyakan kabar ayahnya saat tadi sempat kritis dan masuk rumah sakit. Sekarang, kita semua berduka karena ditinggalkan ulama hebat di negeri ini," katanya.
 
Atas nama PBNU, dia juga mengimbau kepada pengurus wilayah, cabang, lembaga, badan otonom, serta pondok pesantren mendoakan almarhum Gus Sholah melalui doa bersama, tahlil, dan menunaikan Shalat Gaib.
 
Gus Sholah wafat di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, sekitar pukul 20.55 WIB. Jenazah tiba di rumah duka pada pukul 23.50 WIB.
 
Jenazah langsung disalatkan secara bergantian. Salat jenazah gelombang pertama akan dipimpin langsung oleh Irfan Asy'ari Sudirman Wahid (Gus Ipang), putra pertama almarhum KH Solahuddin Wahid.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif