Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Fachri
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Fachri

Satgas Covid-19 Beberkan Tips Jaga Kebugaran Saat Ramadan

Nasional ramadan covid-19 pandemi covid-19 Satgas Covid-19 Ramadan 2022
Theofilus Ifan Sucipto • 20 April 2022 10:34
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengungkapkan sejumlah tips menjaga kebugaran tubuh selama ramadan. Tips penting memastikan tubuh fit menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi.
 
“Dengan tubuh yang sehat dan bugar selama ramadan, maka saat Idufitri dapat berkumpul bersama keluarga serta aman dari covid-19,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis, Rabu, 20 April 2022.

8 Tips Bugar Selama Ramadan

  1. Tidur cukup delapan jam sehari
  2. Memastikan tubuh tetap terhidrasi
  3. Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi
  4. Memadatkan aktivitas di awal hari
  5. Olahraga ringan mencegah lesu

Wiku mengatakan tips pertama yakni tidur cukup delapan jam sehari untuk orang dewasa. Masyarakat diminta cermat memilih waktu tidur di tengah rutinitas ibadah dan aktivitas di siang hari.
 
“Agar kebutuhan tubuh untuk istirahat dapat terpenuhi dengan baik,” ujar dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Ini Ketentuan Tambahan Mobilitas Aman Covid-19 Selama Idulfitri
 
Tips kedua ialah memastikan tubuh tetap terhidrasi atau minum yang cukup. Kebutuhan delapan gelas air putih per hari harus dipenuhi meskipun sedang berpuasa.
 
“Konsumsi air saat berbuka dan sahur secara bertahap. Hidrasi tubuh bisa dilengkapi melalui buah dan hindari minuman berkafein,” papar Wiku.
 
Wiku menyebut tips ketiga, yakni mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Masyarakat disarankan mengurangi makanan dengan kadar gula tinggi atau makanan siap saji lantaran cepat membuat lapar.
 
“Serta kontrol konsumsi garam agar tidak menyebabkan cepat merasa haus saat berpuasa,” jelas dia.
 
Tips keempat ialah memadatkan aktivitas di awal hari agar tidak terlalu letih menjelang buka puasa. Tips terakhir, yakni aktif berolahraga ringan guna mencegah lesu saat beraktivitas.
 
“Mari berperilaku bersih dan sehat dengan kepatuhan tinggi menjalankan kebijakan penanganan covid-19,” ucap Wiku.

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif