Menko Polhukam Mahfud MD/Medcom.id/Theo
Menko Polhukam Mahfud MD/Medcom.id/Theo

Terpopuler Nasional: Wacana Menghidupkan Komisi Kebenaran Hingga Gedung Kimia di Cengkareng Terbakar

Nasional mahfud md kebakaran Kebakaran Gedung Pelanggaran HAM Kasus HAM Pemadam Kebakaran Tahun Baru malam tahun baru Polda Metro Jaya Pengamanan Natal dan Tahun Baru Crowd Free Night Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi
Juven Martua Sitompul • 31 Desember 2021 07:03
Jakarta: Sebanyak tiga artikel menjadi berita terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id sepanjang Kamis, 30 Desember 2021. Isu yang menarik perhatian pembaca, yakni pemerintah ingin hidupkan kembali Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) hingga gudang kimia di Cengkareng terbakar.

Berikut tiga berita terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id:

1. Pernah Dibubarkan MK, Pemerintah Ingin Hidupkan Lagi Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi

Pemerintah berencana menghidupkan lagi Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) untuk menyelesaikan kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat secara nonyudisial. Namun, KKR tidak menihilkan kemungkinan penyelesaian perkara lewat pengadilan.
 
"Meskipun ada KKR, kalau ditemukan bukti-bukti yang secara hukum bisa dipertanggungjawabkan tetap bisa ke pengadilan. Karena menurut UU, pelanggaran HAM berat tidak ada kedaluwarsanya," ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Jakarta, Kamis, 30 Desember 2021.
 
Sementara itu, Deputi Hukum dan HAM Kemenko Polhukam Sugeng Purnomo menyebut KKR bisa dihidupkan lagi meski sempat dibubarkan melalui putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2006.
 
"Bukan berarti tidak boleh, karena substansinya yang dianggap ada hal-hal yang melanggar ketentuan hukum internasional," kata dia.
 
Baca selengkapnya di sini

2. Ruas Jalan di 11 Titik Ditutup Saat Malam Tahun Baru

Polda Metro Jaya menerapkan crowd free night (CFN) pada ruas jalan di 11 titik di DKI Jakarta saat malam Tahun Baru 2022. Lokasi ini ditutup karena berpotensi menjadi pusat keramaian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Adanya CFN karena khawatir akan terjadi kerumunan pada tanggal 1 Januari 2022," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Kamis, 30 Desember 2021.
 
Baca selengkapnya di sini

3. Gudang Kimia di Cengkareng Terbakar, 90 Personel Dikerahkan

Kebakaran terjadi di gudang kimia yang berlokasi di Jalan Kapuk Pulo Raya, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis, 30 Desember 2021. Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Mulat Wijayanto mengatakan kebakaran terjadi pukul 09.45 WIB.
 
"Objek pergudangan kimia," kata Mulat dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Kamis, 30 Desember 2021.
 
Setelah mendapat laporan dari masyarakat, petugas pemadam langsung dikerahkan ke lokasi. Sebanyak 18 mobil pemadam diterjunkan.
 
"Ada 90 personel dikerahkan ke lokasi," ucap Mulat.
 
Baca selengkapnya di sini
 
Informasi terkait ini masih terus diperbarui. Klik di sini untuk mendapatkan berita terbaru dari Kanal Nasional Medcom.id.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif