Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Tenaga Kesehatan Diminta Sigap saat Temui Pasien Gejala Hepatitis Akut

Nasional kesehatan penyakit aneh kesehatan anak Tenaga Kesehatan Hepatitis Akut
Atalya Puspa • 15 Mei 2022 04:02
Jakarta: Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fhadilah mengimbau seluruh tenaga kesehatan sigap kala menemui pasien yang memiliki gejala hepatitis akut. Penanganan sejak dini terhadap penyakit misterius ini penting dilakukan.
 
"Nakes harus terlebih dahulu mengenali gejala dan tanda penyakit tersebut guna memberikan edukasi dan koordinasi dengan fasilitas kesehatan agar orang yang terkena dapat segera mendapatkan pertolongan di faskes," kata Harif saat dihubungi, Sabtu, 14 Mei 2022.
 
Ia menegaskan nakes juga harus memiliki kompetensi untuk menangani kasus hepatitis akut sesuai dengan prosedur yang berlaku. Hal itu dilakukan agar pasien mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah penularan kepada orang sekitar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kemenkes Minta Orang Tua Dapat Deteksi Dini Hepatitis Akut
 
"Jika penanganan sudah di Faskes, RS atau klinik maka kesiapan penatalaksanaan pengobatan dan perawatan spesifik sudah harus disiapkan oleh nakes," ungkap dia.
 
Harif meyakini perawat di Indonesia sudah siap menangani kasus hepatitis akut jika nantinya terjadi penyebaran yang masif.
 
"Secara umum perawat siap dalam pelayanan penyakit tersebut di faskes, sembari pemerintah, faskes dan organisasi profesi terus mensosialisasikan penyakit ini," ujar dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif