Ilustrasi gelombang tinggi. AFP/Fadel Senna
Ilustrasi gelombang tinggi. AFP/Fadel Senna

Masyarakat Diimbau Mewaspadai Gelombang 6 Meter di Perairan Indonesia

Nasional angin kencang gelombang tinggi BMKG Perairan Indonesia
Ferdian Ananda • 08 Mei 2022 09:49
Jakarta: Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi di beberapa perairan pada 8-9 Mei 2022. Hal tersebut diakibatkan angin yang berhembus kencang di sejumlah wilayah.
 
"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudera Hindia Barat Daya Lampung mencapai 25 - 40 knot," kata Deputi Bidang Meteorologi Guswanto melalui keterangan tertulis, Minggu, 8 Mei 2022.
 
Baca: BMKG: Curah Hujan Meningkat Saat Arus Balik Lebaran

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara bergerak dari timur laut-timur dengan kecepatan 4-20 knot. Sedangkan, di wilayah Indonesia bagian selatan angin bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan 6-25 knot.
 
Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di sejumlah perairan. Misalnya di Selat Malaka bagian tengah dan perairan timur Pulau Nias.
 
Selain itu, hal tersebut juga menyebabkan gelombang setinggi 2,5-4 meter di Selat Malaka bagian utara hingga perairan selatan Kepulauan Babar-Tanimbar. "Untuk gelombang yang sangat tinggi di kisaran 4-6 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia Barat Lampung-Kepulauan Mentawai," kata Guswanto.
 
Dia mengimbau masyarakat memperhatikan keselamatan pelayaran. Warga yang beraktivitas di pesisir diminta waspada.

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif