Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko - Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko - Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Dishub DKI Klaim Penjualan Tiket Kapal Kepulauan Seribu Sudah Online

Nasional kepulauan seribu
Theofilus Ifan Sucipto • 11 Juni 2019 18:41
Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengklaim penjualan tiket kapal ke Kepulauan Seribu sudah menggunakan sistem online. Sistem itu pertama kali diterapkan di Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara.
 
"Sudah dilaksanakan. Kita lakukan pembenahan, salah satunya ticketing," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa 11 Juni 2019.
 
Dia menyebut penjualan tiket secara online penting diterapkan. Pasalnya, ini untuk kebutuhan manifes penumpang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua kapal yang berangkat harus dilengkapi manifes," tegas dia.
 
Sigit mengungkapkan kapal tradisional maupun kapal yang dikelola Dishub dan swasta seperti Bahari Express sudah menerapkan pembelian secara online. Tiket bisa dibeli di situs penyelenggara wisata yang telah bekerja sama dengan pengelola kapal.
 
Dishub, lanjut Sigit, juga akan memantau dermaga lain seperti Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara. Dia menyebut penjualan tiket di Marina sudah baik namun distribusinya belum merata.
 
(Baca juga:Menhub Kritisi Penjualan Tiket Manual di Pelabuhan Kaliadem)
 
Sigit mencontohkan ada masyarakat yang berangkat ke Kepulauan Seribu pada Jumat atau Sabtu. Mereka biasanya serentak kembali ke Jakarta pada Minggu.
 
Masalahnya, jelas Sigit, masyarakat kerap kali hanya membeli tiket pergi tanpa tiket pulang. Perebutan tiket pulang tak terhindarkan.
 
"Kemarin saya memaksa kapal Dishub untuk jalan saking banyaknya (masyarakat yang pulang). Tiga kali perjalanan," beber dia.
 
Sigit menyebut nantinya semua pelabuhan di Jakarta diwajibkan menggunakan tiket online. Penerapan dilakukan berkala seiring pembangunan pelabuhan.
 
Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan kapal-kapal di Pelabuhan Kaliadem dalam melayani masyarakat pada masa libur Lebaran 2019. Dalam peninjauan itu, Menhub mengkritisi sistem ticketing di Pelabuhan Kaliadem yang masih dilakukan secara manual.
 
"Jadi saya pikir suatu manajemen pertiketan belum maksimal di sini. Oleh karenanya saya mengimbau tim dari DKI untuk sistem tiketnya itu dari online saja," kata Budi di lokasi, Jumat, 7 Juni 2019.
 
Budi menyebut jika tiket dijual secara online, maka pencatatan manifes penumpang akan lebih mudah. Oleh karena itu, Menhub meminta pengelola segera memperbaiki sistem penjualan tiket di Pelabuhan Kaliadem.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif