Ilustrasi hujan. Foto: Medcom.id
Ilustrasi hujan. Foto: Medcom.id

Warga Diminta Mewaspadai Puting Beliung Saat Pancaroba

Nasional cuaca jakarta musim hujan
Cindy • 02 November 2019 12:04
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan peralihan musim kemarau ke musim hujan (pancaroba) pada Oktober-November 2019. Warga diminta berhati-hati.
 
"Kalau Oktober ke November 2019 ini ada masa jeda atau transisi. Biasanya ada cuaca-cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang dan berpotensi puting beliung," kata Humas BMKG Ririn saat dihubungi, Sabtu, 2 November 2019.
 
BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai hal ini. Gejala dapat terlihat saat cuaca berubah panas pada malam hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan cuaca panas bertahan hingga pagi hari. Kemudian, awan putih berubah menjadi abu-abu hingga hitam sekitar pukul 10.00 WIB.
 
Selanjutnya, hujan lebat bakal turun. Kemudian, tiba-tiba menjadi gerimis."Awan ini yang berpotensi mengakibatkan angin puting beliung. Jika melihat gejala itu, masyarakat harus bisa melindungi diri misalkan tidak boleh berlindung di bawah pohon," terang Ririn.
 
Ririn menambahkan sebagian besar wilayah Indonesia memasuki musim hujan pada November. Di antaranya, Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Palembang dan Riau. Kemudian, Kalimantan Timur, sebagian Sulawesi dan sebagian Papua Barat.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif