Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi pembangunan hunian tetap di Palu, Selasa, 29 Oktober 2019. Medcom.id/Damar Iradat.
Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi pembangunan hunian tetap di Palu, Selasa, 29 Oktober 2019. Medcom.id/Damar Iradat.

Proyek Hunian Tetap Palu Ditarget Rampung Akhir 2020

Nasional gempa Blusukan Usai Pelantikan
Damar Iradat • 29 Oktober 2019 13:16
Palu: Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan hunian tetap (huntap) pascabencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala rampung pada akhir 2020. Sebanyak 11.000 huntap akan dibangun di Palu.
 
Jokowi meninjau pembangunan huntap di Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Selasa, 29 Oktober 2019. Setelah melihat proses pembangunan, Jokowi mengaku pembangunan huntap tak gampang.
 
"Memang progresnya agak lambat, karena masalah yang berkaitan dengan lahan, terutama untuk relokasi huntap," kata Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi menyebut pembangunan huntap masih dalam proses lelang. Hingga saat ini, baru sekitar 450 huntap yang siap untuk dibangun. Pemerintah juga membangun 1.500 huntap di Kabupaten Sigi.
 
"Nanti akan berjalan secara paralel di Januari 2020. Kita harapkan pertengahan dan akhir tahun dapat diselesaikan semuanya," ujar Jokowi.
 
Selain itu, renovasi sejumlah fasilitas umum dan bandara juga akan dikebut. Salah satunya landasan pacu di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memastikan akan membangun kembali irigiasi untuk para petani. Menurut dia, sebanyak 1.700 hektare lahan pertanian akan dikerjakan tahun ini.
 
"Akhir tahun depan selesai 1.700 (hektare) kemudian akhir 2021 diselesaikan semuanya," jelas Kepala Negara.
 


 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif