Presiden Joko Widodo mengunjungi korban gempa Maluku di Universitas Darussalam, Kecamatan Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa, 29 Oktober 2019. Istana Kepresidenan/Kris.
Presiden Joko Widodo mengunjungi korban gempa Maluku di Universitas Darussalam, Kecamatan Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa, 29 Oktober 2019. Istana Kepresidenan/Kris.

Bantuan Korban Gempa Maluku Segera Disalurkan

Nasional gempa Blusukan Usai Pelantikan
Dheri Agriesta • 29 Oktober 2019 11:33
Maluku: Pemerintah telah mengalokasikan dana bantuan gempa Maluku. Presiden Joko Widodo mengatakan anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana digunakan untuk perbaikan kerusakan pascagempa magnitudo 6,5 pada 26 September 2019 itu.
 
Bantuan segera disalurkan setelah menjalani sejumlah prosedur yang ditetapkan. Pemerintah juga menunggu wilayah Maluku aman dari guncangan gempa. Sebab, gempa berkekuatan kecil masih terjadi.
 
"Semoga itu cepat hilang sehingga pembangunan rumah itu bisa dikerjakan oleh masyarakat yang nanti dikoordinasi oleh pemerintah daerah, anggarannya dari pusat," kata Jokowi di posko pengungsi, Universitas Darussalam, Kecamatan Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa, 29 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah akan memberikan bantuan Rp50 juta untuk rumah kategori rusak berat. Sementara rumah kategori rusak sedang mendapatkan bantuan Rp25 juta. Rumah kategori rusak ringan mendapatkan Rp10 juta.
 
Presiden Jokowi menyebut jumlah bantuan yang diberikan sama dengan daerah terdampak gempa lain, seperti Palu dan Nusa Tenggara Barat. Anggaran itu, kata dia, cukup digunakan membangun rumah layak huni.
 
"Kalau ditanya cukup atau tidak cukup, ini terserah bapak ibu semuanya. Terpenting, yang kita lihat seperti di NTB, di Palu, dengan anggaran yang ada, ini rumah saya lihat di NTB sudah hampir selesai dan juga bisa diselesaikan," katanya.
 
Kepala Negara meminta pemerintah daerah, seperti lurah dan camat mengawasi penyaluran anggaran. Apalagi, angaran akan diberikan langsung kepada masyarakat terdampak gempa.
 
Jokowi berharap masyarakat Maluku membangun rumah tahan gempa seperti di NTB. Pembangunan rumah akan dibantu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
 
"Ada macam-macam, ada yang pakai beton, ada yang sistem RISHA (rumah instan sederhana sehat) ada, jadi kalau ada gempa itu yang goyang hanya konstruksinya tetapi dinding dan lainnya tetap itu. Saya kira kita harus mengikuti itu," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
 


 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif