Jembatan Suramadu Jadi Non Tol
Presiden Jokowi saat meresmikan jembatan Suramadu sebagai jalan non tol. Foto: Medcom.id/Fikar.
Jakarta: Jembatan Suramadu resmi menjadi non tol.  Penggratisan ini dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Madura.
 
"Pada hari ini saya memutuskan jalan Tol Suramadu menjadi jembatan non tol," kata Jokowi di Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 27 Oktober 2018.
 
Jokowi menjelaskan pemerintah sudah berusaha meningkatkan perekonomian Madura. Semua dilakukan atas usulan kiai, ulama dan tokoh masyarakat Madura.
 
Langkah yang diambil pemerintah yakni dengan menggratiskan sepeda motor melewati jembatan tersebut pada 2015. Kemudian menurunkan tarif untuk truk, bus dan angkutan umum lain hingga 50 persen pada 2016.
 
Namun, langkah itu belum berdampak positif untuk pertumbuhan ekonomi di Madura. Angka kemiskinan dan ketimpangan di Madura masih jauh di atas daerah lain di Jawa Timur.
 
"Misalnya Surabaya, Gresik dan Sidoardjo itu 4 sampai 6,7 persen (angka kemiskinan). Di Madura angka kemiskinan masih berada pada angka 16-23 persen," jelas dia.

Baca: Jokowi Gratiskan Tol Suramadu

Jokowi kemudian memutuskan Jembatan Suramadu menjadi non tol. Dia berharap ini bisa mengubah perekonomian di Madura menjadi lebih baik. 
 
Dia berharap investasi semakin banyak yang datang ke Madura. Selain itu, sektor properti dan pariwisata semakin berkembang. "Insyaallah pertumbuhan ekonomi akan betul-betul kelihatan," kata Jokowi.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id