Pemudik di Terminal Kampung Rambutan. Foto: Metro TV/Sumantri.
Pemudik di Terminal Kampung Rambutan. Foto: Metro TV/Sumantri.

Pemudik di Terminal Kampung Rambutan Tak Disiplin Prokes

Nasional BNPB protokol kesehatan Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Mudik 2022
Kautsar Widya Prabowo • 30 April 2022 10:02
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menemukan masih adanya pemudik yang tidak menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Salah satunya, ditemukan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.
 
"Terlihat dari beberapa pengunjung yang tidak menggunakan masker dan bahkan ada yang tidak memiliki masker," ujar Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (PRR) BNPB Johny Sumbung dalam keterangan tertulis, Sabtu, 30 April 2022.
 
Johny meminta petugas pemantau memberikan pengarahan kepada pengunjung untuk menggunakan masker. Petugas juga perlu memberikan masker untuk para pemudik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mohon selalu melakukan pemantauan setiap satu jam dengan berkeliling untuk mengingatkan pengunjung," kata Johny.
 
Selain tertib penggunaan masker, Koordinator Tim Pemantauan Arus Mudik Lebaran 2022 itu meminta petugas untuk menginformasikan kepada warga menerapkan jaga jarak.
 
Baca: Maskapai yang Menaikkan Tarif saat Momentum Mudik Bakal Diberi Sanksi
 
Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan disiplin selama mudik. Mulai dari menggunakan masker, telah menjalani tes covid-19, hingga sudah divaksin dosis ketiga atau booster.
 
Juru bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan pihaknya tidak mampu mengawasi satu per satu pemudik dalam menerapkan prokes. Ia berharap prokes dijalankan tanpa harus dipantau petugas.
 
"Kalau kita cek satu-satu (prokesnya) bisa mengular kemana-mana jadi masalah baru lagi. Kita berharap masyarkat betul-betul punya kesadaran," ujar Adita dalam konferensi pers secara virtual, di kanal Youtube BNPB, Jumat, 22 April 2022.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif