Suasana kepadatan kendaraan saat pemberlakuan sistem satu arah di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (5/10/2019). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Suasana kepadatan kendaraan saat pemberlakuan sistem satu arah di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (5/10/2019). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Rekayasa Baru Lalin Puncak Menggantikan Sistem Kuno

Nasional lalu lintas Penataan Kawasan Puncak
Candra Yuri Nuralam • 07 Oktober 2019 12:15
Jakarta: Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Kota Bogor akan melakukan uji coba sistem 2-1 di Jalur Puncak, Bogor pada 27 Oktober 2019. Sistem ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan.
 
“Sistem ini diharapkan dapat memberikan solusi alternatif penanganan jalur puncak yang sudah selama 30 tahun berlangsung setiap Sabtu dan Minggu,” ujar Kasatlantas Polres Bogor AKP Fadli dalam keterangan tertulis, Senin, 7 Oktober 2019.
 
Fadli menjelaskan sistem ini membagi jalan menjadi tiga lajur pada pagi hari. Dua lajur digunakan menuju Puncak dan satu lajur ke arah Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, pada siang hari, dua lajur diarahkan ke Jakarta dan satu lajur menuju Puncak. "Panjang jalan program 2-1 ini dari pos lantas Gadog Ciawi hingga persimpangan Taman Safari, setelahnya normal 2 lajur 2 arah," ujar Fadli.
 
Fadli mengatakan dengan sistem ini tidak ada lagi pembatasan satu jalur di jam tertentu. Masyarakat tak terbatas waktu menuju maupun turun dari Puncak.
 
“Masyarakat yang hendak mengakses jalur Puncak diharapkan tidak memusatkan pergerakkannya di pagi hari untuk naik," tutur Fadli.
 
Fadli menyebut sistem ini belum final. Selama uji coba bakal dilakukan pengkajian mendalam.
 
“Pasti akan ada evaluasi bersama, apakah manfaatnya lebih banyak atau mudaratnya lebih banyak, jika lebih baik maka akan kami teruskan, jika tidak maka kita harus mencari alternatif lain," ujar Fadli.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif