Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet (OASE) Indonesia Maju - Medcom.id/Nur Azizah.
Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet (OASE) Indonesia Maju - Medcom.id/Nur Azizah.

29 Ribu KK di Serang Belum Punya Jamban

Nasional Berita Kemenkop UKM
Nur Azizah • 24 Februari 2020 11:57
Serang: Sebanyak 24,73 persen atau sekitar 29.735 kepala keluarga di Kota Serang, Banten, belum memiliki jamban. Mereka masih membuang air besar sembarangan di kebun, sawah, dan sungai.
 
Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet (OASE) Indonesia Maju berencana membangun 1.000 jamban di kota tersebut. Seluruh jamban ini akan dibangun di tiga kecamatan, yakni Kasamen, Taktakan, dan Cipocok Jaya.
 
"1.000 jamban ini akan selesai di 2020," kata ketua Divisi IV Lingkungan Devi Luhut Panjaitan di Desa Kenari, Serang, Banten, Senin, 24 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Devi menyampaikan selama 30 tahun warga memanfaatkan jamban untuk membuang air besar. Devi mengaku memang tak mudah mengubah kebiasaan warga untuk hidup lebih bersih.
 
"Memang mengubah budaya tidak mudah. Tapi OASE Indonesia Maju membantu mereka untuk merubah kebiasaan mereka untuk hidup sehat," kata dia.
 
29 Ribu KK di Serang Belum Punya Jamban
Ketua OASE Bidang II Bintang Puspayoga menyosialisasikan pentingnya mencuci tangan pakai sabun untuk mencegah stunting. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
 
Ibu Negara Iriana Joko Widodo berharap warga bisa memanfaatkan jamban yang sudah diberikan. Dia berpesan agar warga menjaga kebersihan sanitasi di kawasan tersebut.
 
"Semoga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk memiliki jamban yang layak. Alhamdulillah dengan kehadiran ibu OASE semua masyarakat Kota Serang akan punya jamban," pungkas Iriana.
 
Pembangunan 1.000 jamban ini melibatkan sejumlah kementerian. Mulai dari Kementerian BUMN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Lalu Kementerian Sumber Daya Mineral, Kementerian Sosial, dan Kementerian Kesehatan.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif