Mendagri Tjahjo Kumolo di Banten/Medcom.id/Adin
Mendagri Tjahjo Kumolo di Banten/Medcom.id/Adin

Bantuan Logistik Diprioritaskan ketimbang Uang

Nasional Tsunami di Selat Sunda
M Sholahadhin Azhar • 28 Desember 2018 16:13
Banten: Menteri Dalam Negeri Tjahjo kurang sreg bila pengungsi korban tsunami Selat Sunda mementingkan bantuan uang. Kebutuhan mendasar sehari-sehari dianggap lebih penting.
 
"Lebih baik logistik dan keperluan lain, karena kan dia disediakan seperti sarung, pakaian," kata Tjahjo di kantor Bupati Pandeglang, Banten, Jumat, 28 Desember 2018.
 
Baca: Korban Tsunami: Kami Lebih Butuh Bantuan Uang

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prinsipnya, dua kategori bantuan sama-sama penting. Namun, pengungsi bakal lebih dimudahkan karena tak perlu membeli karena bantuan logistik bisa langsung memanfaatkan.
 
Di daerah bencana mana pun, terang Tjahjo, jenis bantuan itu yang selalu didorong. Terlebih, bantuan logistik praktis dan bisa dipertanggungjawabkan.
 
Pemerintah juga tak akan lepas tangan. Tjahjo memastikan ada skema sesuai standar operasional prosedur yang diterapkan di daerah bencana, yakni rehabilitasi rumah dan ganti rugi lain.
 
"Sementara ini cukup logistik untuk pemulihan, setelah pulih baru kita bicarakan bantuan lain," tegas esk Sekjen PDI Perjuangan itu.
 
Baca: Saya Trauma
 
Di sisi lain, Tjahjo menegaskan pemerintah tak melarang bila ada yang membantu dana tunai. Selama meringankan beban pengungsi, tak akan ada persoalan di kemudian hari.
 
Tapi pemerintah, sebut dia, memiliki cara sendiri. Pendistribusian bantuan akan menjadi tanggung jawab pemerintahan setempat.
 
"Kami serahkan ke Bupati Pandeglang Bu Irna Nurulita ya," ucap Tjahjo.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif