Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Buruh Minta Pembayaran Penuh Selama Pandemi Korona

Nasional may day hari buruh virus corona
Candra Yuri Nuralam • 01 Mei 2020 10:31
Jakarta: Meski tak melakukan unjuk rasa, buruh tetap menyuarakan tuntutan saat may day atau hari buruh. Ada tiga tuntutan yang disuarakan.
 
"May day tahun ini ada tiga tuntutan kami, pertama kami meminta buruh diliburkan dengan upah dan tunjangan hari raya (THR) dibayar penuh di tengah pandemi korona, kedua kami memolak Omnibus Law, dan ketiga kami meminta setop pemutusan hubungan kerja (PHK) saat wabah korona," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal kepada Medcom.id, Jumat 1 Mei 2020.
 
Menurut dia, gaji dan THR diperlukan untuk menjamin kehidupan buruh. Menurut Iqbal, saat ini sudah banyak buruh yang terinfeksi virus korona lantaran tidak diliburkan oleh perusahaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Demo Buruh Digantikan Bakti Sosial
 
Iqbal tak ingin perusahaan terus memaksakan buruh bekerja hanya untuk meraup keuntungan di tengah wabah ini. Dia meminta pemerintah mengultimatum perusahaan yang masih nekat mempekerjakan buruh.
 
“Hal ini dilakukan untuk memastikan agar buruh tidak terpapar virus korona,” tegas Iqbal.
 
KSPI juga meminta pemerintah menindak tegas perusahaan yang terus melakukan PHK tanpa alasan. Mengingat saat ini perusahaan kerap melakukan pemutusan hubungan kerja tanpa alasan yang jelas.
 
“Perusahaan yang melakukan PHK harus diaudit oleh akuntan publik. Untuk melihat apakah benar-benar rugi atau menjadikan alasan pandemi untuk memecat buruh,” tutur Iqbal.
 
Menurut dia, tuntutan akan disuarakan melalui spanduk di beberapa tempat strategis. Supaya tuntutan buruh mendapat atensi pemerintah dan perusahaan.
 
"Termasuk seruan dan ajakan agar masyarakat bersama-sama memerangi covid-19,” ujar Iqbal.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif