Ketua MURI Jaya Suprana menyerahkan Rekor MURI pada Dirut Perum Jamkrindo Randi Anto. (Foto: Medcom.id/ Anggi Tondi)
Ketua MURI Jaya Suprana menyerahkan Rekor MURI pada Dirut Perum Jamkrindo Randi Anto. (Foto: Medcom.id/ Anggi Tondi)

HUT ke-48, Jamkrindo Pecahkan Rekor MURI

Nasional perum jamkrindo
Anggi Tondi Martaon • 24 Juli 2018 11:42
Jakarta: Dalam rangka perayaan HUT ke-48, Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan memberikan 30 ribu paket bantuan pendidikan kepada 132 sekolah di seluruh Indonesia.
 
Direktur Utama Perusahaan Umum (perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) Randi Anto mengatakan, capaian yang diraih bukan tujuan awal kegiatan sosial di bidang pendidikan tersebut. Melainkan sebagai wujud nyata Jamkrindo sebagai salah satu bagian BUMN hadir untuk negeri.
 
"Pada awalnya niat kita melakukan itu karena kita mempunyai keinginan bahwa Jamkrindo peduli pada pendidikan," kata Randi, ditemui pada acara puncak HUT ke-48 Jamkrindo di Econvention Ancol, Jakarta, Sabtu 21 Juli 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


HUT ke-48, Jamkrindo Pecahkan Rekor MURI
Dirut Perum Jamkrindo Randi Anto memotong tumpeng. (Foto: Medcom.id/ Anggi Tondi)
 
Mantan Direktur BRI itu menyebutkan, sarana dan prasarana pendidikan di beberapa daerah Indonesia masih kurang. Hal itu yang memotivasi Jamkrindo mengumpulkan sarana belajar yang nantinya akan dibagikan ke seluruh Indonesia.
 
"Jadi menyambut HUT, kita kumpulkan sarana pendidikan, apakah itu alat belajar, buku pelajaran, apakah itu seragam sekolah. Dan alhamdulillah jumlahnya cukup banyak dan ternyata itu memang bisa memecahkan rekor," ucapnya.
 
Adapun total sarana belajar yang berhasil dikumpulkan oleh Jamkrindo mencapai 30 ribu paket. Bantuan sarana pendidikan itu nantinya akan dibagi ke 132 sekolah, yaitu 66 SD dan 66 SMP di seluruh Indonesia.
 
Total tersebut tercatat sebagai bantuan bidang pendidikan terbanyak di Indonesia dan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Tanda prestasi tersebut diserahkan langsung Ketua MURI Jaya Suprana kepada Dirut Perum Jamkrindo.
 
Jaya menyebut, bantuan 30 ribu paket pendidikan tersebut tak hanya memecahkan rekor di Indonesia saja, melainkan juga dunia.
 
"Setelah kami melakukan penelitian, ternyata belum ada perusahaan sejenis Jamkrindo melakukan apa yang dilakukan oleh Jamkrindo. Maka, apa yang dilakukan bukan memecahkan rekor di Indonesia, tapi dunia," kata Jaya disambut sorak gembira ribuan peserta puncak perayaan HUT ke-48 Jamkrindo Kemilau Untuk Negeri.
 
Jaya menambahkan, apa yang dilakukan oleh Jamkrindo merupakan suatu yang luar biasa. Menurutnya, Jamkrindo selain mitra UMKM juga peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan Indonesia melalui bantuan 30 ribu paket penunjang pendidikan.
 
"Dan hari ini rekor yang dipecahkan juga luar biasa, yaitu sumbangsih alat sekolah bagi siswa yang kurang mampu secara ekonomi. Ini merupakan suatu ungkapan kemanusiaan yang adil dan beradab, sekaligus keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar pria yang juga seorang pianis, kelahiran kota Denpasar, Bali pada 27 Januari 1949 itu.
 
Tak hanya fokus pada sektor pendidikan, rangkaian HUT ke-48 Jamkrindo juga diramaikan dengan serangkaian kegiatan bakti sosial. Antara lain bantuan operasi katarak gratis kepada 70 orang di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, donor darah, dan pemberian bantuan 4.800 paket sembako dan santunan untuk 3.470 anak yatim.
 
Pada puncak perayaan yang mengusung tema Pesta Rakyat UMKM-K ini tidak hanya dihadiri oleh karyawan. Jamkrindo juga mengundang pelaku Usaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ikut berpartisipasi memeriahkan bertambahnya usia Jamkrindo.
 
HUT ke-48, Jamkrindo Pecahkan Rekor MURI
Para pelaku UMKM juga hadir dalam peringatan HUT ke 48 Jamkrindo. (Foto: Medcom.id/ Anggi Tondi)
 
Semua yang hadir terlihat bahagia menyaksikan rangkaian acara. Terlebih, Jamkrindo menghadirkan Naif sebagai guest star perayaan HUT tahun ini.
 
Seperti diketahui, Perum Jamkrindo merupakan salah satu perusahaan penjaminan kredit di Indonesia. Perum Jamkrindo diharapkan memberi kontribusi lebih pada lagi ke depan. Terutama dalam membangkitkan gairah bisnis di Indonesia, khususnya UMKM dalam hal kemudahan akses memperoleh pinjaman.
 
"Diharapkan Jamkrindo lebih berperan memberikan penjaminan agar UMKM yang membutuhkan penjaminan dari bank itu bisa mengakses pinjaman itu sendiri," kata Anggota Dewan Pengawas Jamkrindo Subandriyo.
 
HUT ke-48, Jamkrindo Pecahkan Rekor MURI
Anggota Dewan Pengawas Jamkrindo Subandriyo. (Foto: Medcom.id/ Anggi Tondi)
 
Dia menyebutkan, mayoritas UMKM di Indonesia masuk dalam kategori mikro. Hal itu tentunya menjadi kendala bagi pelaku bisnis mendapatkan akses pendanaan dari pihak perbankan.
 
Dengan begitu, Subandriyo berharap ke depan keberadaan Jamkrindo bisa menjadi mitra bagi UMKM. "Jadi memang umur 48 itu sudah dewasa. Diharapkan bisa memberikan peranan sangat penting, memberikan warna, memberikan layanan yang lebih baik untuk pengembangan UMKM di Indonesia," ujar dia.
 
Dampak keberadaan Jamkrindo dirasakan langsung oleh pelaku UMKM. Seperti yang disampaikan oleh Wina Nur Maulina, salah satu pengusaha hijab yang menjadi mitra Jamkrindo.
 
Wina menyebutkan bahwa keberadaan Jamkrindo memiliki peranan penting dalam pengembangan usaha. "Usaha saya bisa lebih lancar dan saya berharap bisa lebih membantu UMKM lain lagi sehingga kita bisa sama -sama maju usahanya," kata Wina.
 
Hal senada disampaikan oleh Rini, pelaku UMKM yang bergerak di bidang aksesoris. Rini menyebutkan, Jamkrindo dianggap sebagai instansi yang dapat mempermudah akses bagi UMKM dalam memenuhi kebutuhan pendanaan.
 
"Saya sebagai mitra Jamkrindo sangat berterima kasih karena bisa mendapatkan fasilitas yang dimudahkan, khususnya segi keuangan," kata Rini.
 
Rini dan pelaku UMKM lainnya pun berharap, Jamkrindo semakin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dirgahayu ke-48 Jamkrindo, semoga selalu memancarkan kilaunya untuk negeri.

 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif