Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Anies Bermimpi Jakarta Punya Transportasi Umum Berbasis Listrik

Nasional motor listrik
Candra Yuri Nuralam • 27 Oktober 2019 19:00
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin Jakarta memiliki kendaraan umum berbasis listrik. Anies ingin polusi udara bisa berkurang dengan kendaraan listrik.
 
"Kami dari Pemprov DKI berkeinginan juga untuk memperbanyak kendaraan-kendaraan berbasis listrik," kata Anies saat hadiri acara Jakarya Langit Biru di Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 27 Oktober 2019.
 
Mimpi Anies saat ini masih terhalang dengan biaya. Pasalnya, kendaraan umum berbasis listrik butuh biaya yang sangat besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tetapi apabila harganya masih amat mahal karena masuk kategori barang mewah maka sulit bagi kami memberikan justifikasinya," ujar Anies.
 
Anies berharap ke depannya pemerintah punya solusi untuk mengadakan kendaraan berbasis listrik untuk dipakai secara masal. Cara itu, kata dia, bisa membuat kualitas udara di Jakarta kembali segar untuk dihirup.
 
"Kita berharap pemerintah bisa memberikan kelonggaran lebih cepat lebih baik supaya Jakarta makin cepat menjadi kota yang kualitas udaranya lebih baik," tutur Anies.
 
Sementara itu, Anies mengatakan akan terus berusaha untuk mengadakan transportasi listrik di ibu kota. Saat ini, kata dia, pihak TransJakarta sudah berkeliling ke beberapa negara yang menganut kendaraan listrik sebagai transportasi untuk perbandingan.
 
Dia harap studi itu bisa berbuah baik. Anies kukuh ingin adakan kendaraan listrik untuk transportasi massal di Jakarta.
 
"Jadi yang pasti semua bus baru kita akan gunakan berbasis listrik. Itu komitmen kita," ujar Anies.
 
Hari ini, polusi udara Jakarta dinyatakan tidak sehat. Berdasarkan situs Airvisual pukul 12.00 WIB,Air Quality Index (AQI) sebesar 172 dengan parameter PM 2,5 atau 97 ug/m3. Dengan nilai tersebut, menempatkan Jakarta menjadi kota terpolusi keempat di dunia.

 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif