Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menpora Imam Nahrawi mengalungkan medali kepada pemain Persija Jakarta seusai memenangi laga final Piala Presiden 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/2) - ANT/Wahyu Putro A.
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menpora Imam Nahrawi mengalungkan medali kepada pemain Persija Jakarta seusai memenangi laga final Piala Presiden 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/2) - ANT/Wahyu Putro A.

Inpres Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional Diteken

Nasional sepak bola presiden jokowi pembinaan sepakbola sepakbola
Damar Iradat • 14 Februari 2019 16:23
Jakarta: Presiden Joko Widodo telah meneken Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Inpres tersebut ditujukan ke kementerian dan lembaga terkait untuk mempercepat pembangunan bal-balan di Indonesia.
 
"Sudah diterbitkan Inpres Nomor 3, pada pekan ini," kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, 14 Februari 2019.
 
Kepala Staf Presiden Jenderal (Purn) TNI Moeldoko mengungkapkan Inpres tersebut terbit setelah sepekan sebelumnya pihak Istana berdiskusi dengan pegiat sepak bola. Apalagi, menurut mantan Panglima TNI itu, sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling digemari di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sepak bola itu menjadi hiburan masyarakat luas. Concern kita itu, sehingga harus diatur," ujar Moeldoko.
 
Dalam Inpres tersebut, kementerian dan lembaga terkait yang harus menjalankan instruksi antara lain; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Pemuda dan Olahraga; Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian Menteri Agama, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Keuangan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
 
(Baca juga:Jokowi Segera Benahi Sistem Sepak Bola Nasional)
 
Selanjutnya Menteri Kesehatan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional, Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Para Gubernur dan Para Bupati/Walikota.
 
"Mengambil langkah-langkah yang diperlukan secara terkoordinasi dan terintegrasi sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing Kementerian/Lembaga untuk melakukan peningkatan prestasi sepak bola nasional dan internasional," bunyi Inpres tersebut.
 
(Baca juga:Presiden Diminta Turun Tangan Atasi Pengaturan Skor Sepak Bola)
 
Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam Inpres antara lain yakni; pengembangan bakat, peningkatan jumlah dan kompetensi wasit dan pelatih sepak bola, pengembangan sistem kompetisi berjenjang dan berkelanjutan, serta pembenahan sistem dan tata kelola sepak bola. Selain itu penyediaan prasarana dan sarana stadion sepak bola di seluruh Indonesia sesuai standar internasional, dan training center sepak bola, serta mobilisasi pendanaan untuk pengembangan sepak bola nasional.
 
Dalam Inpres itu, Presiden Jokowi berpedoman pada peta jalan (road map) percepatan pembangunan persepakbolaan nasional. Inpres diterbitkan dalam rangka percepatan peningkatan prestasi sepak bola nasional dan internasional.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif