Kemendagri Bantah Kelola Aplikasi Cek NIK via Gawai

M Sholahadhin Azhar 01 Juni 2018 11:50 WIB
e-ktp
Kemendagri Bantah Kelola Aplikasi Cek NIK via Gawai
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri membantah aplikasi cek nomor induk kependudukan (NIK) di telepon genggam berada di bawah kendali mereka. Kemendagri tak pernah mengelola aplikasi itu.

"Terkait viral munculnya aplikasi cek NIK, perlu saya luruskan bahwa aplikasi itu bukan dari Kemendagri dan data yang diambil bukan dari Kemendagri," kata Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh melalui pesan singkat, Jumat, 1 Juni 2018.

Pengecekan data NIK secara akurat hanya bisa dilakukan Kemendagri. Karena, basis data hanya berada di Ditjen Dukcapil. Oleh karena itu, tak sembarangan pihak yang bisa mengakses data itu.


Adapun terkait aplikasi viral itu, Zudan mengatakan ada beberapa data yang diambil dan diganti foto. Sehingga ketika diinput nomor NIK, foto berbeda dengan aslinya. 

"Aplikasi tersebut tidak mampu membaca pemalsuan foto. Sedangkan pusat data Kemendagri mudah mendeteksi pemalsuan foto," kata Zudan.

Zudan melampirkan contoh data dengan nama Sukarno yang dicek melalui aplikasi. Muncul foto orang yang berbeda dengan pemilik aslinya. Zudan menyebut data memang tak sesuai, karena foto dipalsukan.

"KTP-el yang ada foto orang berkepala gundul tersebut adalah palsu," jelas Zudan.



(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id