Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

BMKG Minta Masyarakat Siaga Bencana Alam Saat Pandemi Covid-19

Nasional cuaca ekstrem Virus Korona bencana alam perubahan iklim siklon tropis Mitigasi Bencana pandemi covid-19 BMKG
Siti Yona Hukmana • 24 Juli 2021 15:50
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat siaga menghadapi bencana alam di tengah pandemi covid-19. Bencana alam disebut tidak istirahat pada saat pandemi.
 
"Masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana selalu waspada, siaga. Karena di saat pandemi begini potensi bencana juga selalu mengancam dan mengintai kita," kata Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial, dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono kepada Medcom.id, Sabtu, 24 Juli 2021.
 
Menurut dia, bencana alam bisa terjadi sewaktu-waktu, seperti gempa bumi. Maka itu, kesiapsiagaan masyarakat harus terus dipelihara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rahmat mengatakan kesiapsiagaan masyarakat dapat dilakukan dengan sering membaca informasi yang disampaikan akun resmi BMKG di sejumlah media sosial. Di sisi lain, masyarakat diminta tetap waspada dengan informasi hoaks.
 
"Kalau ada bencana enggak usah nunggu warning, langsung respons lari, evakuasi mandiri. Jangan ada informasi warning ya terus tidak direspons," ujar Rahmat.
 
Baca: Waspadai Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Wilayah Indonesia
 
Rahmat menyebut bencana alam tidak mengenal musim. Bencana alam bisa datang setiap saat dengan berbagai jenis, bisa gempa bumi, banjir bandang, longsor, dan lainnya.
 
Namun, dia mengakui cuaca ekstrem bisa diprediksi dalam musim. Hanya, bencana alam itu tidak melulu cuaca ekstrem. Maka itu, dia menyebut secara keseluruhan bencana alam tidak ada musimnya. Apalagi, Indonesia merupakan supermarket bencana karena memiliki risiko bencana terbesar di dunia.
 
"Kadang gempa, kadang longsor, kadang banjir, kadang tsunami. Jadi setiap saat bisa terjadi enggak kenal musim. Kita tinggal di daerah rawan bencana. Semua bencana ada di Indonesia," kata Rahmat.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif