Mahasiswa membubarkan diri usai berunjuk rasa di Monas. Foto: Branda Antara
Mahasiswa membubarkan diri usai berunjuk rasa di Monas. Foto: Branda Antara

Mahasiswa Membubarkan Diri Setelah Demonstrasi di Monas

Nasional unjuk rasa Demonstrasi Mahasiswa Demonstrasi
Antara • 21 April 2022 19:13
Jakarta: Gabungan mahasiswa mulai membubarkan diri dengan tertib setelah berdemonstrasi di kawasan Patung Kuda-Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) itu meninggalkan kawasan Monas mulai pukul 16.45 WIB.
 
Dilansir dari Antara, Kamis, 21 April 2022, mereka menyampaikan orasi di depan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat atau di depan Gedung Sapta Pesona sejak pukul 14.30 WIB. Secara bergiliran, perwakilan dari masing-masing kampus menyampaikan orasi atau tuntutan menggunakan pengeras suara dari atas mobil bak terbuka.
 
Sejumlah tuntutan disampaikan. Badan Eksekutif Mahasiswa BEM Universitas Indonesia (BEM UI), misalnya, mengajukan tujuh tuntutan, salah satunya menolak perpanjangan masa jabatan presiden.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, soal kenaikan harga bahan pokok. Ketimpangan ekonomi juga menjadi isu yang disampaikan dalam unjuk rasa tersebut.
 
Baca: 7 Tuntutan Demo Mahasiswa 21 April
 
Selama hampir 2,5 jam mereka menyampaikan aspirasi dengan tertib. Para mahasiswa kemudian berangsur-angsur meninggalkan Patung Kuda melalui Jalan Medan Merdeka Selatan sembari bernyanyi lagu-lagu kebangsaan.
 
Aksi mahasiswa membubarkan diri juga dikawal sejumlah petugas kepolisian agar berlangsung lebih tertib. 
 
Sementara itu, arus lalu lintas dari arah Jalan Thamrin menuju Jalan Budi Kemuliaan berlangsung lancar namun padat. Begitu juga lalu lintas kendaraan dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan Thamrin mulai lancar.
 
Sedangkan sebagian jalur di Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan Thamrin dan Jalan Budi Kemuliaan untuk sementara dialihkan melalui Jalan Agus Salim.
 
Polda Metro Jaya mengerahkan sekitar 9.915 personel gabungan untuk mengawal unjuk rasa mahasiswa di sekitar kawasan DPR RI, Patung Kuda-Monas, Jakarta Pusat.
 
"Terdiri dari kekuatan Polri dan dibantu unsur TNI, yakni Kodam Jaya dan Satpol PP juga membantu," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif