Pencari suaka mendapat cek kesehatan - Medcom.id/Cindy.
Pencari suaka mendapat cek kesehatan - Medcom.id/Cindy.

Pencari Suaka Diberi Fasilitas Kesehatan

Nasional pencari suaka
Cindy • 12 Juli 2019 15:05
Jakarta: Ratusan pencari suaka di gedung eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat mendapatkan cek kesehatan. Ini dilakukan setelah banyak dari mereka mengeluh sakit.
 
"Banyak mengeluh sakit pilek, batuk dan diare.Kita berikan obat minum untuk mereka," kata Dokter dari Puskesmas Kecamatan Kalideres Handoko di Lapangan eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat, Jumat, 12 Juli 2019.
 
Sebanyak empat petugas puskesmas diterjunkan untuk melakukan pengecekan. Mereka membawa peralatan cek kesehatan seperti cek tensi darah dan termometer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka juga menyiapkan obat-obatan. Namun, hanya untuk penyakit ringan.
 
(Baca juga:Perang Memaksa Sajad Mencari Suaka Hingga ke Indonesia)
 
"Kita cuma siapin obat untuk penyakit mual, batuk, penyakit kulit dan lainnya. Kalau yang berat kita sarankan ke rumah sakit," tutur Handoko.
 
Para petugas bekerja sejak pukul 09.00 WIB. Hingga tulisan ini dibuat, sebanyak seratus pencari suaka sudah mendapat cek kesehatan.
 
Seperti diketahui, sebanyak 1.100 pencari suaka yang terdata dipindahkan ke Kalideres dari trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Mayoritas mereka berasal dari Afghanistan, Somalia, Sudan, Pakistan, dan Yaman.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif