Chairman Social Media Week Jakarta Antonny Liem (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
Chairman Social Media Week Jakarta Antonny Liem (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

Social Media Week Jakarta 2019 Dorong Tanggung Jawab Bermedia Sosial

Nasional Social Media Week Jakarta
Gervin Nathaniel Purba • 16 Oktober 2019 19:17
Jakarta: Edukasi penggunaan media sosial (medsos) secara bijak dan bertanggung jawab menjadi salah satu fokus penyelenggaraan Social Media Week (SMW) Jakarta 2019. SMW mendorong influencer (orang berpengaruh di medsos) bertanggung jawab dalam memproduksi konten.
 
SMW Jakarta 2019 merupakan penyelenggaraan yang keempat kalinya. Tahun ini, acara yang akan diselenggarakan pada 11-15 November, di The Hall, Senayan City, Jakarta, itu mengangkat tema Stories: With Great Influence Comes Great Responsibility.
 
Tema tersebut telah disepakati secara global berdasarkan fakta pengaruh negatif dari penyalahgunaan media sosial saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Awalnya, penggunaan media sosial untuk berbagi gambar makanan. Kemudian, bergeser terhadap sesuatu yang lucu menjadi viral. Sekarang, dijadikan senjata untuk kepentingan tertentu dalam menyebarkan hoaks," ujar Chairman Social Media Week Jakarta Antonny Liem, ditemui di Brewerkz, Senayan City, Jakarta, pada Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Penggunaan media sosial untuk menyebarkan hoaks berpengaruh terhadap semua lini. Hoaks memengaruhi perubahan cara berpikir masyarakat, memicu kerusuhan, dan dampak negatif lainnya.
 
"Makanya, tema tersebut dipilih. Kami mendorong influencer untuk memberikan pengaruh yang baik dan mendorong semua orang untuk bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan (di media sosial),” ujar Antonny.
 
CEO PT Merah Cipta Media itu menargetkan akan mendatangkan 8 ribu hingga 9 ribu pengunjung. “Risikonya, kami ambil bulan yang paling ujung. Kami belum pernah pada bulan November. Jadi kami belum tahu animonya akan seperti apa,” katanya.

Influencer Marketing Tumbuh Pesat


SMW Jakarta 2019 juga akan membahas peran media sosial pada area bisnis atau digital marketing. Pelaku bisnis online menggunakan platform media sosial karena dinilai lebih praktis dan dapat menjangkau target audiens yang saat ini diminati kaum muda.
 
Dalam strategi digital marketing, influencer kerap digunakan untuk meningkatkan citra produk (brand image) dan kesadaran terhadap produk (brand awareness) untuk memengaruhi konsumen.
 
Social Media Week Jakarta 2019 Dorong Tanggung Jawab Bermedia Sosial
Managing Director Gushcloud Indonesia Oddie Randa (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
 

Managing Director Gushcloud Indonesia Oddie Randa mengatakan influencer marketing mengalami pertumbuhan pesat. Sejak 2017, terjadi peningkatan lebih dari 100 persen.
 
Hal ini juga berpengaruh terhadap pertumbuhan pembelanjaan sebesar 40 persen pada periode 2018-2019. Influencer marketing memiliki pengaruh terhadap para pengikutnya untuk menyukai suatu produk.
 
Di satu sisi, banyak oknum influencer marketing yang tidak bertanggungjawab dalam menghasilkan konten. Hal ini merugikan posisi brand yang telah mengeluarkan banyak dana, namun hasilnya tidak sesuai harapan.
 
Oddie memprediksi influencer marketing akan tetap prospektif pada beberapa tahun ke depan. “Tahun ini ada peningkatan pesat. Bermunculan micro influencer dengan jumlah pengikut 10 ribu-100 ribu, mulai menjamur,” katanya.
 
SMW Jakarta 2019 diapresiasi oleh Oddie. Event tersebut bisa dijadikan sarana membangun relasi dengan para influencer.
 
“Saya yakin banyak orang yang tadinya berhati-hati dalam mendekati influencer marketing, sekarang akan menjadi lebih terbuka dan agresif,” ucap Oddie.
 
Sejumlah tokoh besar dijadwalkan hadir pada SMW Jakarta 2019, yakni UN Environment Goodwill Ambassador Founder of Let Elephants Be Elephants Nadya Hutagalung, Jurnalis Najwa Shihab, CEO We Ares Social Nathan McDonald, dan Head Social of 9Gag Karen Cheng.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif